Spotify Bikin Baterai iPhone Boros dan Cepat Panas, Ini Tipsnya

Spotify Bikin Baterai iPhone Boros dan Cepat Panas, Ini Tipsnya

Josina - detikInet
Sabtu, 09 Okt 2021 14:00 WIB
spotify
Foto: Unspslah/Sara Kurfess
Jakarta -

Dalam beberapa tahun terakhir iPhone telah mengembangkan reputasi untuk memiliki daya tahan baterai yang cukup solid dibanding sebelumnya, terutama baterai iPhone 13 yang disebut awet. Namun, sayangnya belum lama ini diberitakan baterai iPhone boros saat menggunakan aplikasi streaming musik Spotify.

Pengguna Spotify yang memakai iPhone dengan iOS 14.8 atau iOS 15 mungkin merasakan baterai iPhone-nya itu lebih cepat habis saat menggunakan layanan Spotify. Mereka kehilangan sebanyak 30% baterai mereka hanya dalam satu jam saat menggunakan aplikasi.

Bahkan hal ini sudah diakui sendiri oleh Spotify, yang menyatakan adanya masalah di aplikasi mereka dan membuat konsumsi baterainya di perangkat tersebut menjadi jauh lebih boros. Konsumsi daya yang lebih boros ini juga diikuti oleh peningkatan suhu yang signifikan pada iPhone.

Demikian ada solusi bagi kamu pengguna iPhone yang kerap menggunakan aplikasi Spotify agar baterai tidak cepat boros. Dirangkum deitkINET dari LifeHacker, berikut tipsnya.

Hal pertama yang harus kamu coba adalah menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang (Background App Refresh). Fitur ini memungkinkan Spotify untuk menggunakan data di latar belakang, yang pada dasarnya memungkinkan aplikasi berjalan saat tidak aktif.

Untuk menonaktifkannya buka Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, lalu nonaktifkan sakelar di sebelah "Spotify."

Jika kamu masih mengalami boros baterai saat menggunakan Spotify, langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mencopot dan instal ulang aplikasi. Harapannya salinan baru Spotify di iPhone akan memberikan boot ke bug apa pun yang menyebabkan masalah baterai ini.

Untuk melakukannya, tekan lama aplikasi Spotify di Layar Beranda pilih "Hapus Aplikasi," lalu ketuk "Hapus Aplikasi." Sekarang, buka Spotify di App Store, dan unduh ulang.

Jika langkah ini tetap tidak berhasil, sayangnya kamu harus menunggu Spotify secara resmi merilis tambalan untuk masalah ini.

(jsn/fay)