8 Fitur Rahasia WhatsApp, Begini Cara Pakainya

8 Fitur Rahasia WhatsApp, Begini Cara Pakainya

Josina - detikInet
Jumat, 08 Okt 2021 16:06 WIB
Ilustrasi WhatsApp
8 Fitur Rahasia WhatsApp, Begini Cara Pakainya (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

Aplikasi perpesanan populer WhatsApp saat ini sudah digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia. Tak hanya sebagai media bertukar pesan, tapi juga banyak yang bisa dilakukannya dari panggilan video secara grup, mengirim sticker, update status, mengirim pesan suara, dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah dari sekian banyak fitur yang dimiliki WhatsApp ada juga rahasianya yang mungkin belum pernah disadari banyak orang -- termasuk kamu?

Dirangkum detiKINET dari beberapa sumber, Jumat (8/10/2021) berikut deretan fitur-fitur rahasia dan cara mengaktifkannya:

1. Menghapus pesan secara otomatis

Dengan kamu mengaktifkan fitur 'Disappearing Messages' maka semua pesan percakapan akan hilang dari ruang obrolan setelah tujuh hari. Fitur ini juga akan melegakan memori ponsel serta memudahkan pengguna untuk menghapus pesan-pesan yang sudah lama.

Caranya, masuk ke aplikasi WhatsApp > buka obrolan yang dituju personal ataupun grup > ketuk nama kontak atau grup di bagian atas > lalu aktifkan opsi 'Disappearing Messages'

2. Menyematkan kontak paling atas

Di WhatsApp tentu kita memiliki banyak percakapan baik secara personal ataupun di grup. Nah saking banyaknya kadang kontak-kontak penting tenggelam ke bawah. Misal saja kontak penting itu dari keluarga, orangtua atau pasangan yang sering melakukan obrolan.

Demikian agar kontak tersebut tetap di atas dan terus terlihat maka ada fitur pin sehingga percakapan dengan kontak ini akan diletakkan paling atas secara permanen.

Caranya, masuk ke WhatsApp > tekan lama kontak yang dituju > lalu pin di bagian atas pilih gambar pin.

3. Menandai pesan penting

Banyak obrolan-obrolan di WhatsApp yang dinilai penting seperti urusan keluarga, pekerjaan, sekolah dan lainnya. Nah agar tidak lupa pengguna bisa menandai pesan tersebut. Jadi jika sewaktu dibutuhkan mudah mencarinya.

Caranya, buka aplikasi WhatsApp > masuk ke dalam obrolan yang dituju > tekan lama salah satu pesan pentingnya > lalu ketuk 'Star' atau ikon bintang.

4. Custom Notifikasi

Alih-alih memiliki suara notif yang sama untuk setiap pesan masuk, kamu dapat mengatur notif khusus untuk setiap kontak. Ini supaya kamu bisa mengetahui siapa yang sedang menghubungi kamu.

Pengguna Android tinggal melakukan ini. Pertama-tama, ketuk ikon Menu saat melihat utas obrolan. Selanjutnya pilih View Contact > Custom Notification, centang kotak dan kemudian selesaikan pengaturannya.

Bagi mereka yang menggunakan WhatsApp di iPhone, ketuk nama kontak saat melihat utas obrolan, lalu pilih Custom Tone.

Halaman selanjutnya: hapus file dan stop auto download...