Perbedaan GB WhatsApp APK dengan WhatsApp Biasa dan Risikonya

Perbedaan GB WhatsApp APK dengan WhatsApp Biasa dan Risikonya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 07 Okt 2021 08:45 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Perbedaan GB WhatsApp APK dengan WhatsApp Biasa (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

GB WhatsApp APK adalah aplikasi modifikasi untuk WhatsApp yang banyak dicari karena layanan WhatsApp sempat down. Ada perbedaan dan risikonya juga.

GB WhatsApp APK alias WhatsApp GB, GBWhatsApp atau WA GB merupakan aplikasi modifikasi buatan pihak ketiga yang tidak tersedia di toko aplikasi manapun. Ia adalah salah satu versi WhatsApp mod yang beredar di pasaran.

Selain WA GB ada juga WhatsApp Plus dan YoWhatsApp yang banyak digunakan oleh pengguna WhatsApp. Apa perbedaan fiturnya? Inilah dia fitur pembedanya:

Dikutip dari Cashify, Kamis (7/10/2021) GB WhatsApp APK menawarkan lebih banyak fitur yang tidak ada di aplikasi aslinya. Ada ganti fonts, tampilan contreng dua dam tampilan kontak serta perubahan warna ikon.

GB WhatsApp APK juga menawarkan menyembunyikan tanda pesan dibaca atau terkirim, status online palsu, menyembunyikan info nama dan waktu pada salinan pesan, menyembunyikan last seen dan notifikasi juga teman ganti foto profil.

Aplikasi mod ini juga menawarkan kirim sampai 90 foto dan audio sampai 100MB. Anda juga bisa pasang status sampai 7 menit lamanya. Selain itu ada password lock untuk mengunci percakapan rahasia.

Itu tadi aneka fitur di GB WhatsApp APK yang beda dengan WhatsApp asli. Sepintas tampak menarik ya? Tapi... jangan buru-buru mengunduhnya. Pertimbangkan dulu sisi negatifnya berikut ini.

Karena merupakan hasil modifikasi pihak ketiga, aplikasi ini dianggap tidak resmi dan ilegal oleh WhatsApp langsung. Pengguna juga harus mengunduh WA GB dari sumber tidak jelas yang artinya ada risiko aplikasi ini disusupi oleh malware. Ngeri kan?

Yang lebih penting lagi untuk diketahui, obrolan dalam WhatsApp versi modifikasi ini tidak dienkripsi. Sehingga peretas atau pihak manapun bisa mengintip percakapan kalian.

WA GB dan aplikasi sejenisnya juga telah melanggar Terms of Service WhatsApp dan tidak memiliki dukungan resmi dari WhatsApp karena kebijakan keamanannya tidak bisa divalidasi.

Karena tidak mendapat dukungan resmi dari WhatsApp, akun yang kedapatan menggunakan WA GB dan sejenisnya diancam blokir. WhatsApp nanti akan memberikan ancaman diblokir untuk sementara.

"Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen," ancam WhatsApp dalam blog resminya, seperti dikutip detikINET.

Kesimpulannya, GB WhatsApp APK menawarkan fitur yang berbeda, namun ada risiko keamanan yang harus jadi pertimbangan. Pilihlah dengan bijak, jangan menyesal kemudian.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)