Kenapa Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Kenapa Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 11:15 WIB
Young girl is reading alone on her laptop late at night
Cara mengatasi laptop lemot parah. Foto: Getty Images/Vladimir Vladimirov
Jakarta -

Kenapa laptop lemot? Bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Pertanyaan ini mungkin terlintas di pikiran kamu yang melakukan kegiatan di rumah. Aktivitas pekerjaan sampai membantu anak sekolah online membuat semuanya terasa menyebalkan jika laptop kamu lemot atau... sangat lemot.

Dikutip detikINET dari Panda Security, Kamis (9/9/2021) di bawah ini ada sejumlah cara mengatasi laptop yang sering hang karena lemot.

1. Cek ruang hard disk

Harus ada ruang bebas 15% di hard disk. Jika hard disk mulai penuh, ini bisa membuat laptop lemot. Hapus beberapa program atau file yang ada untuk meningkatkan kecepatan laptop kamu.

2. Tabnya kebanyakan kali?

Jika kerja dengan proyek besar, maka tidaklah mengejutkan kalau kamu memiliki begitu banyak tab dan lupa ditutup. Jangan lupa refresh browser atau mesin pencarian untuk membuat laptop tidak lemot.


3. Jangan lupa hapus file tidak terpakai

File sementara yang digunakan untuk proses instalasi aplikasi jangan lupa dihapus. Caches dan cookies dari internet juga memperberat kerja laptop. Untuk Mac, install aplikasi CCleaner untuk mengetahui temporary files dan menghapusnya. Untuk PC, klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.

4. Restart laptop

Restart laptop bisa menyegarkan memori dan bisa memberikan peluang untuk update install. Jika kerja laptop terus menerus nonstop, baiknya restart sekiranya satu minggu sekali untuk memastikan laptop berjalan lancar.

5. Backup data

Coba bantu kinerja laptop dengan mulai backup data dengan memberi hard disk eksternal. Kamu juga boleh memanfaatkan layanan online Google Photos, Amazon Drive, Dropbox dan lainnya. Dengan begitu, RAM aman dan OS berjalan lebih baik.



Simak Video "KuTips: Cara Bersihkan File Sampah di Laptop Biar Nggak Lemot"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)