Asus Siapkan Laptop Tangguh Chromebook Flip C214MA untuk Anak Sekolah

Asus Siapkan Laptop Tangguh Chromebook Flip C214MA untuk Anak Sekolah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 16 Agu 2021 17:13 WIB
Asus Chromebook Flip C214MA
Asus Siapkan Laptop Tangguh Chromebook Flip C214MA untuk Anak Sekolah Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Asus akan melengkapi varian laptop pendidikannya dengan Chromebook Flip C214MA terbaru. Laptop ini dihadirkan di tengah ramainya rencana pengadaan laptop Chromebook untuk sekolah yang dicanangkan pemerintah.

FA Engineer Lead Asus Indonesia Rifan Fernando mengatakan nilai jual utama Asus Chromebook Flip C214MA adalah bodinya yang tangguh. Laptop ini dirancang dengan desain yang rugged agar bisa awet saat digunakan bertahun-tahun di sekokah.

Asus Chromebook Flip C214MA sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810G yang mengikuti standar militer. Laptop ini juga diuji dengan drop test dari ketinggian 1,2 meter.

"Kita coba di environment yang tinggi, kerja di tempat yang bergetar kayak di pabrik, terus kita coba di tempat yang panas, yang dingin, yang lembab dan itu membuat laptop ini mengantongi sertifikat military-grade," kata Rifan dalam media briefing virtual, Senin (16/8/2021).

Untuk melindungi laptop dari benturan, bagian sekelilingnya telah dilindungi menggunakan lapisan karet. Casing luarnya juga dibuat bertekstur agar lebih mantap saat digenggam dan mengurangi jejak tangan yang berminyak.

Sesuai namanya, Asus Chromebook Flip C214MA merupakan laptop convertible dengan layar sentuh yang bisa diputar hingga 360 derajat. Laptop ini bisa digunakan dalam empat mode yaitu mode laptop, tablet, tenda, dan slate.

Untuk melindungi layar sentuhnya, Asus menyertakan Corning Gorilla Glass 3. Engselnya juga diperkuat agar penggunaannya bisa lebih tahan lama, apalagi jika layarnya sering diputar-putar. Keyboard yang dipakai juga sudah spill resistant dan dibuat rapat jadi tidak mudah dicongkel oleh anak-anak yang iseng.

Laptop ini memiliki layar sentuh berukuran 11,6 inch dengan bobot 1,2 kg. Rifan mengatakan ukuran laptop ini cocok untuk anak sekolah berusia 12 tahun ke atas.

Asus Chromebook Flip C214MA juga dilengkapi dengan dua kamera, satu di layar dan satu lagi di bagian bawah keyboard. Kamera kedua ini memiliki resolusi 8 MP dan sudah mendukung augmented reality (AR).

Laptop ini memiliki baterai yang tahan hingga 11 jam. Dukungan port dan konektivitas yang disediakan cukup lengkap, seperti USB Type-C, USB Type-A, microSD, dan Wi-Fi.

Rifan belum mengungkapkan spesifikasi lengkap Asus Chromebook Flip C214MA karena laptop ini baru akan diumumkan pada 22 Agustus mendatang. Tapi ia memastikan bahwa spesifikasi laptop ini bisa mendukung produktivitas anak-anak dalam kegiatan belajar mengajar.

"Chrome OS itu lebih ringan, tidak haus hardware resource. Dan masih sangat-sangat terbuka untuk dioptimasi," kata Rifan.



Simak Video "10 Orang Ini Kasih Alasan Kenapa Teknologi ASUS OLED Worth to Have"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)