PC Tak Kompatibel Windows 11? Mungkin Ini Penyebabnya

PC Tak Kompatibel Windows 11? Mungkin Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 26 Jun 2021 16:15 WIB
Windows 11
Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Meski belum bisa diunduh dan diinstal, Microsoft sudah memberikan cara untuk mengecek kompatibilitas PC anda dengan Windows 11.

Caranya dengan menggunakan aplikasi PC Health Check, yang bisa diunduh dari sini. Nah, di aplikasi tersebut anda bisa mengecek kompatibilitas PC anda dengan Windows 11, khususnya untuk para anggota Windows Insider Program, yang bisa menjajal Windows 11 lebih dulu.

Cek Windows 11Cek Windows 11 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Namun, ada kemungkinan aplikasi PC Health Check akan menyebut PC anda tak kompatibel dengan Windows 11. Hal ini tentunya membingungkan (dan mengesalkan), terutama karena spek minimal yang disyaratkan untuk Windows 11 terbilang rendah.

Yaitu hanya prosesor minimal 1GHz dengan setidaknya dua core, RAM 4GB, dan storage 64GB, DirectX 12, layar minimal 9 inch 720p. Syarat tersebut terbilang mudah dipenuhi, bahkan untuk PC (dan laptop) entry level.

Namun persyaratannya tak cuma itu, karena Microsoft juga mewajibkan keberadaan Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Modul TPM ini seharusnya ada di semua PC, namun ada kemungkinan belum diaktifkan di BIOS.

Jika modul ini tak diaktifkan, maka PC Health Check akan menyebut PC anda tak kompatibel dengan Windows 11. Bagaimana cara mengeceknya?

Salah satu cara untuk mengeceknya adalah dengan menekan Windows + R pada keyboard, lalu mengetikkan 'tpm.msc' dan menekan OK atau enter. Dari situ akan terbuka menu yang menunjukkan apakah PC anda mempunyai TPM atau tidak.

Cek Windows 11Cek Windows 11 Foto: Dok. Microsoft

Jika yang muncul adalah notifikasi 'Compatible TPM cannot be found', maka ada kemungkinan chip TPM anda belum dinyalakan. Cara menyalakan TPM ini bermacam-macam di setiap PC.

Cek Windows 11Cek Windows 11 Foto: Dok. Microsoft

Namun secara general, cara menyalakannya adalah masuk ke BIOS (restart PC dan tekan tombol F4, F8, atau DEL -- tergantung model motherboard), dan mencari opsi TPM di BIOS lalu menyalakannya.

Jika sudah dinyalakan, anda bisa kembali mengecek aplikasi PC Health Check, yang akan menyatakan kalau PC anda kompatibel dengan Windows 11.

Cek Windows 11Cek Windows 11 Foto: Dok. Microsoft

Apa itu TPM?

Sebenarnya, apa sih TPM itu? TPM adalah sebuah platform -- baik software maupun hardware -- yang dipakai untuk menyimpan dan melindungi password dan kunci enkripsi. Lalu, jika chip TPM mengenali hal berbahaya di sistem, ia bisa mengkarantina dan mencoba memperbaiki masalahnya.

Secara garis besar, TPM adalah pertahanan PC dari serangan, dan mungkin kewajiban keberadaan TPM inilah yang membuat Microsoft yakin akan keamanan Windows 11.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)