Ini Spek Minimal untuk Pakai Windows 11

Ini Spek Minimal untuk Pakai Windows 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 16:03 WIB
Windows 11
Foto: dok. Microsoft
Jakarta -

Microsoft resmi memamerkan Windows 11 yang mulai disebar beberapa hari ke depan untuk anggota Windows Insider Program. Mau instal? Cek dulu spek minimalnya...

Sebenarnya syarat spesifikasi untuk menginstal Windows 11 tak berat-berat amat. Misalnya untuk prosesornya, kecepatan minimalnya adalah 1GHz dan minimal punya dua core, begitu juga dengan system on a chip untuk perangkat ARM. Oh ya, prosesor ini juga harusnya kompatibel dengan 64 bit.

Kapasitas RAM minimalnya juga tak besar, yaitu 4GB dan storage tersisa minimal 64GB. Hanya saja Microsoft menyarankan untuk berjaga-jaga dengan menyediakan storage lebih besar agar Windows-nya tetap bisa diperbarui.

Kartu grafis yang dibutuhkan adalah yang kompatibel dengan DirectX 12 atau setelahnya dengan driver WDDM 2.0. Sebenarnya Microsoft juga menyediakan aplikasi khusus untuk mengecek kompatibilitas komponen PC anda dengan Windows 11, yaitu PC Health App.

Daftar spesifikasi minimal Windows 11

  • Prosesor: 1GHz atau lebih kencang dengan minimal dua core atau lebih dan kompatibel dengan 64bit
  • RAM: 4GB
  • Storage 64GB
  • System firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) 2.0
  • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
  • Layar: High definition (720p) dengan ukuran diagonal lebih besar dari 9 inch dan kedalaman warna 8 bit per color channel.
  • Koneksi internet dan akun Microsoft: Windows 11 Home butuh koneksi internet dan akun Microsoft untuk melakukan setup perangkat awal. Pindah dari perangkat Windows 11 Home dalam mode S juga membutuhkan koneksi internet. Pembaruan OS juga membutuhkan koneksi internet.

Windows 11 sebenarnya baru akan tersedia secara resmi pada musim liburan akhir tahun. Tapi Microsoft akan mulai membagikan Windows 11 versi awal (bukan versi yang bocor di internet beberapa waktu yang lalu) lewat Windows Insider Program mulai pekan depan.



Simak Video "Windows 11 Akhirnya Diluncurkan, Apa Saja yang Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)