Cara Tampilkan Jadwal Sholat, Imsak dan Buka Puasa Ramadhan di HP Oppo

Cara Tampilkan Jadwal Sholat, Imsak dan Buka Puasa Ramadhan di HP Oppo

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 15 Apr 2021 04:15 WIB
Oppo Tema Ramadhan
Tema Ramadhan HP Oppo menampilkan jadwal sholat dan imsak. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Jadwal salat, imsak dan buka puasa sering dicari netizen sepanjang bulan Ramadhan. Kabar baik bagi pengguna Oppo, kamu bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mudah tanpa perlu menjalankan aplikasi bahkan membuka lockscreen handphone (HP).

Oppo baru saja merilis tema spesial Ramadhan. Tema tersebut bisa digunakan semua HP Oppo yang menjalankan ColosOS 7 dan ColorOS 11.

"Oppo hadirkan tema khusus Ramadhan yang dapat diunduh gratis bagi seluruh pengguna di Indonesia. Tema Ramadhan ini hasil kolaborasi dengan pengembang Indonesia," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat dikonfirmasi detikINET, Rabu (14/4/2021).

Untuk mendapatkan tema ini sangat gampang. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Theme Store

2. Akan ada pop-up penawaran pengunduhan tema Ramadhan. Jika tidak muncul tekan menu Tema Islam yang ada di bagian atas

Oppo Tema RamadhanOppo Tema Ramadhan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

3. Pilih tema Salaam Ramadan dengan menekan tombol Try Out dan Apply

4. Tema akan langsung diterapkan ke ponsel dan kamu akan melihat perubahan.

Tema Salaam Ramadan memberikan wallpaper berwarna hijau dengan ornamen masjid di bagian bawah. Bentuk ikon aplikasi pun berubah menjadi belah ketupat.

Nah ketika kamu mengunci ponsel, layar lockscreen akan menampilkan widget informasi penting. Ada kondisi cuaca, persentase baterai, pemutar musik, aplikasi WhatsApp, telephone, browser, kalkulator, kamera, serta tema. Tentu saja paling utama widget jadwal sholat, imsak dan buka puasa yang bisa diatur dalam WIB, WITA atau WIT.

Oppo Tema RamadhanOppo Tema Ramadhan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamu tidak bisa mengubah komposisi widget lockscreen tadi, tapi dimungkinkan untuk mengubah tampilannya. Cukup tekan ikon yang ada di pojok kiri bawah, akan muncul pop-up customization.

Bila ingin widget tampil lebih gelap, tinggal pilih opsi Dark Mode pada Color Mode. Coba juga mengganti latar belakang gambar pada opsi Lockscreen & Wallpaper.

Begitu diubah dari Graphic ke posisi Photo, akan tampil gambar Masjid Istiqlal. Menariknya wallpaper Masjid Istiqlal ini seolah real time, tampilannya mengalami perubahan mengikuti putaran jam.

Jadi kamu bisa melihat keindahan masjid terbesar di Asia Tenggara itu di waktu pagi, siang, senja dan malam. Menarik kan? Yuk dicoba!



Simak Video "Perpaduan Lengkap Desain dan Teknologi di OPPO Reno6 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)