Cara Pindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram

Cara Pindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 28 Jan 2021 20:49 WIB
Telegram vs WhatsApp
Cara Pindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram Foto: Internet
Jakarta -

Buntut dari kebijakan privasi baru WhatsApp yang kontroversial, banyak pengguna yang pindah ke aplikasi messaging lain seperti Telegram. Untuk mengakomodasi pengguna WhatsApp yang baru saja pindah, Telegram menghadirkan fitur baru untuk memindahkan chat dari aplikasi lain ke Telegram.

Fitur ini dikenalkan di aplikasi Telegram untuk iOS versi 7.4. Tapi tidak lama kemudian Telegram merilis update lain yang menghapus deskripsi soal fitur migrasi chat, jadi kemungkinan fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diluncurkan secara resmi. Jadi jangan girang dulu nih, detikers.

Tapi situs WABetaInfo, yang biasanya mengulik fitur baru WhatsApp, sempat menjajal fitur ini dan caranya ternyata cukup mudah. Berdasarkan release notes resmi dari Telegram, pengguna akan bisa memindahkan chat dari WhatsApp, Line, KakaoTalk dan aplikasi lainnya ke Telegram.

Cara memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram:

1. Buka dan export chat yang mau dipindahkan

Dikutip dari WABetaInfo, Kamis (28/1/2021) untuk memindahkan chat dari WhatsApp ke Telegram, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman chat yang ingin dipindahkan. Tidak hanya chat dengan pengguna individu, chat di grup WhatsApp juga bisa dipindahkan.

Setelah membuka halaman chat yang ingin dipindahkan, masuk ke menu 'More' yang ada di chat dan pilih opsi 'Export Chat'. WhatsApp akan bertanya apakah kalian juga ingin memindahkan konten media atau tidak.

2. Export chat ke Telegram

Setelah itu WhatsApp akan membuat file dengan format ZIP yang berisi seluruh percakapan. Akan muncul share sheet yang berisi opsi aplikasi lainnya, lalu pilih Telegram.

Telegram akan menanyakan lokasi mana yang akan dipilih untuk menyimpan pesan yang telah diimpor. Kalian bisa memilih antara chat dengan diri sendiri (saved messages), ke grup baru atau ke kontak lainnya.

3. Chat berpindah ke Telegram

Setelah semua proses selesai, pesan dan media yang dipindahkan akan bisa dilihat di lokasi chat baru di Telegram yang sudah dipilih. Pesan yang dipindahkan dari aplikasi lain akan memiliki tanda 'Imported'.

Ingat ya, fitur ini belum resmi diluncurkan. Karena banyak pengguna yang tidak ingin pindah dari WhatsApp ke aplikasi lain karena takut semua percakapannya hilang, fitur baru ini mungkin akan membuat Telegram menjadi lebih populer. Tapi belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan secara resmi untuk Android dan iOS.



Simak Video "Telegram Sambut 70 Juta Pengguna Baru Usai WhatsApp Down"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)