Mau Jago Nulis Kaya Raditya Dika, Ini Dia Tipsnya

Mau Jago Nulis Kaya Raditya Dika, Ini Dia Tipsnya

Tim - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 14:10 WIB
Raditya Dika
Raditya Dika berbagi tips menulis kreatif (Foto: Instagram @raditya_dika)
Jakarta -

Tidak bisa dipungkiri bahwa Raditya Dika cocok jika disematkan sebagai public figure serba bisa. Selain menjadi content creator di Youtube dan media sosial, ia juga dikenal sebagai seorang pembuat film dan penulis.

Sebagai penulis, sudah banyak buku dan skenario film yang dia hasilkan. Mulai dari Novel Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Ubur-Ubur Lembur, hingga film Hangout dan Single. Nah, di balik sebuah karya Radit ada rahasia proses kreatif yang tak banyak orang tahu. Buat kamu yang penasaran, simak ulasan tips menulis ala Radit berikut ini.

1. Membuat alur terlebih dulu

Banyak yang kebingungan bagaimana cara membuat tulisan yang panjang dan menarik. Biasanya seseorang akan menemui jalan buntu setelah berhasil menulis tulisan yang panjang. Nah, Raditya Dika memberi tips yang mudah sebelum kamu memulai menulis sebuah cerita, yakni tentukan alur cerita terlebih dahulu.

Biasanya, seseorang ketika mendapatkan sebuah inspirasi untuk dibuat cerita selalu terburu-buru untuk ditulis secara langsung. Tips dari Radit, ketika mendapat inspirasi, yang harus dilakukan adalah membuat poin-poin penting untuk dijadikan kerangka alur.

Sederhananya, pembuatan poin-poin bertujuan untuk membuat kerangka alur menjadi bagian awal, tengah, dan akhir sebuah cerita yang ingin ditulis.

2. Membuat premis

Untuk menciptakan alur yang menarik, Radit juga memberi tips untuk membuat premis. Maksudnya adalah, sebelum memulai menulis keseluruhan cerita, kamu harus bisa menuliskan cerita dalam satu kalimat.

Tips dari Radit, premis harus terdiri atas karakter, tujuan, dan halangan. Contoh: Seorang cowok sangat ingin mengajak kencan seorang cewek tetapi temannya memberikan saran yang tidak masuk akal.

Tujuan premis ini berguna untuk memberi pandangan sejak awal, apakah cerita yang akan ditulis bisa menjadi menarik dan mudah dipahami atau tidak.

3. Tips selanjutnya...

Nah, kamu bisa mendapatkan tips dan pengetahuan lain tentang tulis menulis dari Raditya Dika dengan mengikuti acara d'Youthizen Virtual Class pada 9-10 Desember 2020 mulai pukul 13.00 WIB.

Raditya Dika akan berbagi ilmu dan pengalamannya kepada detikers semua dengan tema 'Dimulai dari Tulisan'. Jadi jangan sampai ketinggalan, ya.

#detikIniBisa kamu daftar di aplikasi detikcom, klik fitur 'Layanan' lalu cari 'Promo & Event'. Bagi yang belum memiliki aplikasi-nya, cukup klik di sini atau bisa daftar melalui detikevent.



Simak Video "Kabar Bahagia! Raditya Dika-Anissa Aziza Dikaruniai Anak Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)