Trik Buat Pemula Supaya Banyak Viewer dan Subscriber di YouTube

Trik Buat Pemula Supaya Banyak Viewer dan Subscriber di YouTube

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 20 Nov 2020 19:45 WIB
beauty vlogger
Foto: shutterstock
Jakarta -

YouTube jadi salah satu platform digital yang banyak dimanfaatkan orang untuk mengunggah karyanya. Video yang diunggah di YouTube berpotensi ditonton banyak orang, dan pembuat konten dapat meraup pendapatan dari sana karena adanya adsense atau iklan.

Namun, mendapatkan banyak penonton dan subscriber di YouTube bukan suatu keniscayaan. Content creator harus bisa mencuri perhatian pemirsa YouTube dan membuat mereka betah untuk menonton video-video yang diunggah.

Tips Banyak Viewer dan Subscriber di YouTube:

1. Video singkat dan konsisten

Industry Manager Google Indonesia Abraham Hutagalung mengulas beberapa pakem yang dapat diaplikasikan oleh content creator yang baru bergabung di YouTube, agar bisa disukai oleh penonton. Menurutnya, penonton lebih suka dengan video yang memang dibuat untuk unggahan di YouTube.

Kriterianya, yaitu video memiliki durasi setidaknya 3 sampai 4 menit, agar penonton bisa menangkap dan menikmati konten video dengan leluasa. Berikutnya content creator harus konsisten mengunggah video. Semakin banyak video yang ada di channel YouTube, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan banyak penonton dan subscriber.

2. Manfaatkan fitur analytics

Fitur analytics YouTube juga dapat digunakan untuk menjadi acuan karakter video yang disukai penonton, sehingga bisa ditentukan jenis konten dan inovasi yang ingin dibuat agar konten semakin menarik.

"Data ini harus kalian gunakan untuk strategi kalian ke depannya. Bikin videonya harus gimana, misal di video yang satu banyak penonton, tapi video berikutnya penonton banyak tapi nontonnya sebentar. Jadi tahu apa yang harus di-improve ke depannya," jelas Abraham dalam acara virtual talkshow 'Samsung Content Creator Class' hasil kerja sama detikcom dengan Samsung Customer Service, Jumat (20/11/2020).

3. Tiga Jenis konten paling laku

Abraham lantas mengemukakan tiga tipe konten YouTube yang bisa mendatangkan penonton dan subscriber. Salah satunya, yakni jenis konten always on, atau konten yang bisa sering diunggah seperti vlogging. Konten-konten seperti itu bisa membuat penonton betah di channel YouTube karena banyak video untuk ditonton.

"Yang kedua kita bilangnya original series. Jadi ini konten yang dimana membuat orang nunggu (video selanjutnya). Contohnya banyak YouTube channel mereka bilang mau bikin series 20 episode, tiap episode tayang tiap Rabu. Kalau kalian perhatikan, channel-channel besar punya konten seperti itu," ulas Abraham.

Ia menambahkan, konten original series bisa berupa interview dengan bintang tamu berbeda-beda, video cerita perjalanan atau petualangan. Jenis video ini membuat penonton tertarik untuk subscribe atau berlangganan channel YouTube agar tidak ketinggalan episode video terbaru.

"Ketiga konten yang kita bilang tent pole, konten yang memang besar. Bikinnya sebulan atau dua bukan sekali. Contohnya kayak YouTuber besar mereka punya konten mini concert dengan YouTuber lain, jamming session di rumah. Itu yang bikin langsung naik, orang yang nonton banyak. Diharapkan orang yang nonton ini jadi subscriber," papar Abraham.

4. Gigih dan kreatif

Sementara itu untuk menjadi seorang content creator, yang harus dimiliki hanya dua, yakni kreativitas dan kegigihan. Sebab, butuh perjuangan untuk mengembangkan channel YouTube atau platform lainnya agar mendapatkan perhatian dari audience.

Content creator pemula bisa mulai berkarya dengan memanfaatkan peralatan sederhana, seperti smartphone untuk membuat foto atau video. Smartphone Samsung misalnya, punya fitur-fitur yang menunjang pembuatan konten. Ada Samsung Galaxy A11, Galaxy A21s, atau Galaxy A31 yang punya macro lens. Ada juga Samsung Galaxy A51 yang dilengkapi fitur super steady untuk perekaman video yang stabil.

"Kalau misalnya teman-teman mau eksplor produk-produk Samsung lainnya yang punya fitur keren dan lebih banyak lagi, teman-teman bisa datang ke Samsung Galaxy Consultant yang telah tersedia di hampir semua mall di Indonesia, untuk berkonsultasi dengan bagian customer service kami. Sehingga teman-teman bisa mendapatkan produk yang sesuai untuk membuat konten menarik," imbuh Samsung Galaxy Consultant Catrine Larasati.

Sekilas mengenai acara virtual talkshow Samsung Content Creator Class, acara ini dibuat dalam peringatan International Students Day. Samsung ingin memberi edukasi bagi para penonton untuk membantu berkarya dan berinovasi dalam membuat konten digital yang kreatif.



Simak Video "Ingin Jadi Kreator Konten? Berikut Cara Gaet Viewers di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)