Cara Menjaga HP Android Tetap Kebal dari Serangan Hacker

Bahaya Serangan Cyber

Cara Menjaga HP Android Tetap Kebal dari Serangan Hacker

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 29 Nov 2020 08:43 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel
Cara Melindungi HP Android dari Serangan Hacker (Foto: iStock)
Jakarta -

Hampir seluruh orang di dunia menggunakan smartphone. Segala aktivitas mulai sosial media, foto-foto, agenda, sampai banking semua ada di dalam satu genggaman. Karenanya penting untuk memberikan perhatian kepada HP yang kamu gunakan sekarang agar terjaga dari hacker dan kejahatan siber.

Nah, untuk melindungi ponsel khususnya Android dari serangan hacker, Jake Moore yang merupakan Security Specialist di Eset membagikan 4 tips sederhana yang bisa kamu coba. Dikutip detikINET dari Mirror, Minggu (29/11/2020) berikut adalah caranya:

1. Update segera sistem operasi

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah memastikan smartphone update dengan pembaharuan sistem operasi terkini. Meski terkadang banyak yang menunda, ini merupakan hal pertama yang disarankan Moore.

"Pertama, pastikan ponsel kalian up to date dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel kalian terlindungi dari ancaman terkini," cetus Moore.

Sebaiknya, langsung saja update jika HP Android memberikan pembaharuan software terbaru, detikers. Biasanya update juga akan diberitahukan secara otomatis. Namun tidak ada salahnya sekali-sekali mengecek di bagian setting untuk memantau apakah ada update terbaru yang mungkin kamu lewatkan.

2. Download Password Manager

Dengan download aplikasi Password Manager, ini akan sangat membantu mengontrol password yang kita gunakan di banyak layanan. Password manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah kalian memakai password yang sama di website lain. Kalian sudah paham bahwa sebisa mungkin tidak memakai password yang sama di layanan yang kamu miliki.

"Download Password Manager untuk menjaga semua password kalian dan kemudian nyalakan otentifikasi dua faktor di semua akun yang menawarkannya, yang seharusnya ada di kebanyakan aplikasi dan akan mengamankannya dari hacker bahkan meskipun password sudah didapat," jelas Moore.

Selain itu, aplikasi ini bisa pula digunakan untuk memantau semua gadget yang kita pakai serta browser.

3. Install aplikasi antivirus

Saat ini sudah banyak vendor antivirus kenamaan membuat aplikasi mobile untuk mengamankan ponsel Android. Cukup pilih dari perusahaan yang sudah bereputasi tinggi untuk melindungi smartphone, misalnya Norton, Bitdefender atau Kaspersky.Tak ada salahnya pula membaca review antivirus mana yang paling ampuh.

"Penting untuk mengunduh aplikasi antivirus untuk membuat ponsel kamu aman dari virus dan juga dari malware," tutur Moore.

4. Buat password yang kuat

Membuat password yang kuat di aplikasi atau layanan apapun adalah suatu keharusan. Meski kesannya sepele, jangan dengan menggampangnya dengan memilih password yang mudah diingat atau berhubungan erat dengan diri kita. Hacker bisa jackpot karena dapat dengan mudah menebaknya.

"Jangan lupa untuk memiliki password yang bagus di ponsel Android kalian, yang tidak berkaitan apapun dengan diri kalian, misalnya jangan pakai hari ulang tahun atau perayaan tertentu," tandas Moore.



Simak Video "Tips WFH Aman dari Kejahatan Siber saat PSBB Total"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)