Cara Membuat Video di YouTube Pakai HP

Cara Membuat Video di YouTube Pakai HP

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 17:26 WIB
Galaxy A71
Tips buat video YouTube via HP (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Kata siapa kita tidak bisa membuat video YouTube pakai HP dengan keren? Padahal ada banyak yang bisa dilakukan hanya dengan kamera smartphone yang saat ini mungkin sedang digenggaman kamu.

"Galaxy Creator Workshop bulan lalu masuknya gimana caranya menginspirasi orang-orang untuk mulai kita ingin membuat statement semua orang bisa jadi content creator selama ada passion-nya dan ada yang ingin disampaikan," ucap Irfan Rinaldi Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Rabu (4/11/2020).

Di sela acara 'Samsung Galaxy A Series Creator Workshop II', Irfan menjelaskan bahwa di masa pandemi ini ada data yang menunjukkan masa pandemi bisa menjadi waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi sebagai konten di YouTube.

Diketahui sebanyak 78% masyarakat Indonesia lebih sering mengonsumsi konten media sosial. Ada juga peningkatan 76% untuk konsumsi video streaming dan 70% untuk live video.

"Mungkin ini jadi peluang emas untuk menyampaikan apa yang menjadi hobi mereka dan konsisten jadi content creator. Mungkin kita sering di rumah pengin belajar hal yang baru, kenapa nggak sekalian aja apa yang kita suka selama ini dijadikan konten?" tuturnya.

Cara membuat video di YouTube pakai HP supaya hasilnya keren:

1. Setting Full HD

Irfan sendiri memiliki hobi mengkoleksi Gundam. Ia pun membagikan pengalamannya menggunakan Galaxy A71 sebagai alat utama membuat vlog. Tapi ia menekankan, semua kembali pada kenyamanan masing-masing orang untuk menggunakan HP apa saja.

"Saya mulai rekam pakai Galaxy A71 sebagai alat utama saya buat vlog. Front kamera udah bisa setting di full HD jadi udah enak banget kalau kita mau vlogging atau monolog. Lighting bisa menyesuaikan warna yang enak. Footage lain saya menggunakan kamera Galaxy A71 seperti makro lens," jelasnya.

2. Pakai super steady

Selain itu pemanfaatan super steady dan layar Super AMOLED bisa membantu untuk menghasilkan video yang bagus dan review atau editing menggunakan aplikasi yang dari smartphone juga. Semua fitur bisa dimanfaatkan dengan kreativitas yang terus diasah dengan rajin belajar edit.

3. Baterai yang awet

"Selain itu ada longlasting battery yang bantu ambil footage lebih banyak. Ini sih yang bantu saya. Kalau mau lihat hasil video saya bisa lihat di channel saya Irfan Rinaldi," pungkas Irfan.

4. Video dan audio stabil, cahaya cukup

Tak cuma itu, ada Glenn Prasetya Fotografer dan Content Creator yang membagikan tipsnya untuk menciptakan konten yang bagus di YouTube. Tips sederhana tentunya dengan memerhatikan kualitas video yang stabil, audio yang baik (setidaknya gunakan microphone), dan screen dengan pencahayaan cukup. Tak ketinggalan, ia pun menuturkan tak perlu ragu untuk memanfaatkan aplikasi yang ada di HP.

"Banyak banget aplikasi di smartphone, yang sering saya gunakan InShot. Saya bisa warnain atau paling simpel naikin brightness atau kontrasnya, video yang backlight bisa kita benerin. Kita bisa mainin saturation-nya," kata Glenn.

Jadi detikers, tidak ada alasan lagi untuk malu memulai membuat video di YouTube dengan alasan tidak punya kamera bagus. Semua bisa kok tergantung kreativitas.



Simak Video "Resep Awet Muda Paramitha Rusady: Ikhlas dan Tawakal"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)