Libur Panjang, Yuk Cobain Fitur Tersembunyi di Galaxy Note 20

Tips dan Trik

Libur Panjang, Yuk Cobain Fitur Tersembunyi di Galaxy Note 20

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 29 Okt 2020 14:26 WIB
Galaxy Note 20 Ultra
Galaxy Note 20 Ultra. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Rasanya sudah banyak fitur Galaxy Note 20 yang terungkap. Tapi ternyata masih ada loh sejumlah fitur yang dimiliki ponsel ini namun tersembunyi sehingga belum banyak diketahui.

"Setelah tiga bulan launching, ternyata banyak banget fitur-fitur yang sudah kami sampaikan, ternyata banyak yang ngoprek dan menemukan hidden features dari Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra," kata Taufiq Furqan, Samsung Mobile Product Manager, SEIN saat workshop Galaxy Note 20 yang digelar online.

Beberapa fitur tersembunyi Galaxy Note 20 berhasil diungkap oleh pengamat gadget kenamaan Lucky Sebastian. Pria asal Bandung ini membagikannya untuk kamu cobain.

Transfer Banyak File dengan Mudah

Galaxy Note 20 series dibekali fitur Link to Windows. Adanya fitur ini memudahkan pengguna saat menggunakan laptop namun tetap bisa berinteraksi dengan smartphonenya tanpa perlu memegangnya.

Tidak hanya membuka aplikasi, dengan Link to Windows memudahkan dalam drag dan drop file dari ponsel ke laptop. Sayangnya ada batasan file yang bisa dipindahkan dari smartphone, yakni dari kamera dan screenshot. Dan itu pun dilakukan satu persatu.

Lantas bagaimana memindahkan beraneka jenis file dalam jumlah banyak? Caranya buka bagian aplikasi di Link to Windows, lalu jalankan My File. Pilih file yang akan dipindahkan, drag dan drop ke laptop.

Lakukan sebaliknya jika ingin mengirim file dari laptop ke ponsel. Pilih semua file yang ada di laptop kemudian drag dan drop ke My File.

Galaxy Note 20 UltraGalaxy Note 20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tanda Tangan Bermaterai

Sebelumnya jika ingin menandatangani dokumen berformat PDF diperlukan aplikasi PDF khusus. Di Galaxy Note 20 ada aplikasi Samsung Note yang kini kemampuan makin powerful, salah satunya mengolah file PDF.

Untuk menandatangi dokumen berformat PDF bermaterai caranya dengan membuka Samsung Note. Buka file yang akan ditandatangani, arahkan S Pen ke tombol Editor.

Lalu tekan Add Image untuk menambahkan gambar materai. Kemudian sesuaikan ukuran materainya dan posisinya. Bila telah pas, tekan ikon pena di bagian bawah. Tinggal goreskan tanda tangan menggunakan S Pen di atas gambar materai tadi, setelahnya save dalam format yang diinginkan.

Orat-oret Kalender

Aplikasi kalender yang disertakan dalam Galaxy Note 20 bisa diorat-oret. Jadi pengguna bisa menambahkan catatan di dalamnya.

Karena bilah tiap tanggal kecil, Samsung memungkinkan men-zoom kalender agar mudah untuk dicorat-coret. Tapi sebenarnya ada cara mudah tanpa perlu capek membesarkan layar.

Tulis di area mana saja di layar, lalu tekan lasso, lingkari pada tulisan. Resize ukuran tulisan, kemudian geser ke tanggal yang diinginkan.