4 Cara Melacak HP yang Hilang

Ancaman Keamanan HP

4 Cara Melacak HP yang Hilang

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 25 Okt 2020 12:17 WIB
Young man using cell phone in a bar and arguing with his girlfriend.
4 Cara Melacak HP yang Hilang (Foto: iStock)
Jakarta -

Di era digital, HP merupakan perangkat paling penting dalam mendukung menjalani aktivitas sehari-hari. Tentunya, pusing bukan kepalang apabila ponsel kalian hilang, baik itu karena lupa atau faktor lainnya.

Nah, sebenarnya nasib kurang baik itu bisa dipecahkan permasalahannya dengan pemanfaatan teknologi juga. Langkah pertama, kalian bisa melacak HP hilang melalui IP Address.

Apa sih IP Address ini? Deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit, dan 128 bit yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

HP kalian yang pegang punya alamat IP untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain di internet. Meski tidak bisa secara detail dan akurat, ada hal yang bisa dibaca dari IP Address salah satunya yakni lokasi dari perangkat yang kamu gunakan dan selama masih terhubung ke internet.

Berikut ini adalah situs yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui IP Address atau mendapatkan data di mana lokasi yang disebutkan dari deretan kode tersebut.

- www.iplocation.net
- www.ipfingerprints.com
- iplocation.com

Penggunaannya sama. Pertama-tama kamu akan disuguhkan dengan IP Address yang kamu miliki. Kemudian kamu bisa memasukkan deretan nomor IP Address yang ingin kamu ketahui lokasinya. Dari situ kamu akan tahu dimana lokasinya.

Jika cara melacak HP dengan IP Address belum membuahkan hasil. Berikut cara melacak HP yang hilang dengan akun email, akun khusus, dan berbagai cara yang lain.

4 Cara melacak HP yang hilang:

1. Cara melacak HP yang hilang dengan email

Dengan cara ini, pengguna gmail bisa mengamankan akun google dan mengunci HP atau ponsel. Berikut caranya,

a. Pengguna harus login dengan akun gmail terlebih dulu di browser (Google Chrome). Selanjutnya tekan ikon kotak untuk memperoleh info akun yang dimiliki pengguna

b. Setelah itu, masuk ke kolom pencarian dan ketik "Find your Phone." Tahap selanjutnya adalah memilih menu Find your Phone dan pilih HP yang hilang pada daftar perangkat terhubung dengan akun gmail

c. Selanjutnya isi password untuk verifikasi dan klik next. Pada Find your Phone, pilih opsi locate yang akan mengalihkan ke fitur Find My Device. Di fitur ini, akun Google di HP akan dikunci dan diamankan

Selanjutnya: melacak dengan akun dan find my device...

Berita Terkait