Cara Mengecilkan Ukuran File JPG Online dan Offline

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG Online dan Offline

pay - detikInet
Rabu, 17 Jun 2020 15:20 WIB
Adobe Project Felix
Foto: Adobe/Ilustrasi
Jakarta -

Ada dua cara mengecilkan ukuran file JPG, yakni online dan offline. Namun, pastikan agar saat mengecilkan foto atau gambar dalam format JPG hasilnya tidak pecah ya.

Dikutip dari buku '101 Tip & Trik Adobe Photoshop' karya Gregorius Agung dan Jubilee Enterprise, pada dasarnya mengecilkan sebuah gambar atau foto dapat menurunkan kualitasnya. Hanya saja, menggunakan trik tertentu dapat menyiasati hasil.

Berikut cara mengecilkan ukuran file JPG online dan offline:

1. Online

Ada banyak aplikasi online yang memudahkan pengguna mengecilkan ukuran file format JPG, misalnya, imagecompressor. Pengguna cukup membuka situs di alamat https://imagecompressor.com/id/ kemudian mengunggah file yang diinginkan.

Tunggu beberapa saat, hingga muncul keterangan gambar telah berkurang berapa persen. Setelah dirasa cukup, klik unduh dan simpan gambar yang diinginkan.

Selain itu, ada juga situs Tinypng di alamat https://tinypng.com/. Cara mengecilkan ukuran file JPG di sini cukup mudah, yakni dengan mengunggah file maksimal 20 foto dengan besar maksimal 5 MB per foto.

Setelah pilih foto, pengguna bisa menunggu prosesnya dan beberapa saat layar akan menunjukkan hasil gambar yang telah dikecilkan. Download gambar dan simpan.


2. Offline

Langkah compress JPG ke ukuran 200 kb bisa dilakukan di laptop dengan aplikasi Adobe Photoshop. Pengguna cukup membuka file gambar. Kemudian, klik menu 'File' lalu 'Save for the Web'.

Selanjutnya, klik tab '4-Up' setelah masuk ke dalam jendela 'Save for Web'. Nanti layar akan menunjukkan empat gambar, di mana kiri atas menunjukkan gambar original, dan ketiga gambar sisanya merupakan variasi gambar yang kualitasnya diturunkan guna ideal untuk ukuran web,

Adapun, penurunan kualitas bertahap mulai dari kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah. Artinya, kanan atas berkualitas lebih tinggi dibanding kirim bawah, dan kualitas kiri bawah lebih tinggi dibandingkan kanan bawah.

Setelah dirasa cukup dengan ukuran tersebut, pengguna bisa menyimpan gambar tersebut dengan klik 'Ok'. Namun, bila dirasa belum cukup dan ingin memperbesar ukuran JPG lagi maka bisa klik slider 'Quality' yang terdapat di samping kanan jendela 'Save for Web'.

Selamat mencoba cara mengecilkan ukuran file JPG!



Simak Video "Tantangan Foto Underwater, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/fay)