7 Tips Pintar Kelola Dompet Digital saat New Normal

7 Tips Pintar Kelola Dompet Digital saat New Normal

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 09:43 WIB
dana
7 Tips Pintar Kelola Dompet Digital saat New Normal. Foto: Dana
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19, kita belajar bahwa produktivitas dapat terus berjalan apabila kita mau mengoptimalkan teknologi digital. Salah satu contohnya adalah teknologi dompet digital yang aplikasinya ada di smartphone kita.

Setidaknya ada dua poin dari kemajuan teknologi digital yang bisa dijadikan prinsip hidup di masa new normal atau tatanan kehidupan baru.

Pertama, penuhi kebutuhan hidup secara online

Semakin banyaknya aplikasi digital dengan ekosistem yang kian terintegrasi, membuat kita bisa memenuhi beragam kebutuhan hidup tanpa harus melakukan pergerakan fisik. Mulai dari berbelanja kebutuhan pokok, membeli makanan, membayar tagihan, hingga melakukan konsultasi kesehatan.

Kedua, lakukan gaya hidup cashless

Kehadiran dompet digital yang mengusung platform terbuka semakin memudahkan kita melakukan transaksi nontunai, sekaligus aman karena tidak ada kontak fisik. Apalagi penggunaaan dompet digital juga kini tak hanya untuk berbelanja, tapi juga untuk membayar tagihan, mentransfer uang bahkan untuk berdonasi.

Berikut ini tips dari dompet digital Dana dalam memanfaatkan ebrbagai fiturnya untuk menunjang aktivitas di masa new normal:

1. Simpan Kartu (Card Binding)

Buat yang tidak mau direpotkan dengan urusan top-up atau menambah saldo, dapat memanfaatkan fitur ini. Cukup dengan menyimpan kartu kredit atau kartu debit, maka transaksi tetap dapat dilakukan meskipun jumlah saldo DANA nol rupiah.

Ini karena kartu debit atau kartu kredit dapat dipilih sebagai sumber pendanaan ketika melakukan pembayaran dengan Dana. Dengan memiliki fitur ini, kita juga tidak repot mencari ATM untuk melakukan transfer antar rekening dari Kartu Debit. Nilai lebihnya, Dana membebaskan biaya transfer hingga 10 kali.

2. Bayar Tagihan

Kita bisa membayar beragam tagihan tanpa harus datang ke loket atau ke ATM. Mulai dari tagihan listrik dan air, gas, telepon, internet, hingga TV kabel. Praktis dan tidak harus antre panjang untuk membayar.

3. Belanja dari Rumah

Dana bisa dipakai untuk berbelanja beragam kebutuhan, mulai dari peralataan rumah hingga pakaian bayi secara digital di marketplace Lazada dan Bukalapak.

Selain itu, ada juga fitur Home Shopping, yang akan menghubungkan kita dengan merchant favorit kita dengan melakukan pemesanan instan WhatsApp.

Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan Dana QRIS. Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat kita.

4. Bayar Parkir

Kalau terpaksa harus pergi ke mal, hotel, atau gedung perkantoran, kita juga bisa menggunakan Dana untuk membayar parkir. Hal ini akan membuat kita lebih aman karena tidak melakukan kontak fisik apabila melakukan transaksi secara tunai atau menggunakan kartu uang elektronik.

5. Bayar Pajak Kendaraan

Dengan fitur e-Samsat yang tersemat di aplikasi Dana, kita juga bisa mengurus STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus antre.

Caranya mudah. Pertama, unduh aplikasi SAMOLNAS untuk mendapatkan kode bayar. Lalu pilih Dana sebagai metode pembayaran ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan. Kita bisa berhemat waktu dan tidak perlu berlama-lama menunggu panggilan sesuai dengan antrean.

6. Konsultasi Kesehatan

Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit. Masalah lainnya, ketika nanti produktivitas sudah normal kembali, bisa jadi lalu lintas menuju rumah sakit atau klinik sudah kembali macet.

Agar bisa mendapatkan pemeriksaan dari dokter dan memperoleh obat-obat yang diresepkan dengan segera, kita bisa memanfaatkan fitur Dana Telemedicine. Fitur ini menghubungkan kita langsung ke aplikasi YesDok yang menyediakan layanan telemedika.

Kita bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter melalui video hingga menebus obat. Bahkan, kita juga bisa sekadar mencari informasi yang benar mengenai COVID-19.

7. Dana Bisnis

Ini adalah fitur yang dirancang untuk membantu para pelaku UMKM agar bisa menarik lebih banyak customer dan mengembangkan bisnisnya dalam ekosistem digital.

Fitur ini akan membantu pelaku usaha tak hanya dalam menghadirkan metode pembayaran yang mudah, aman, dan nyaman, tapi juga memudahkan UMKM dalam melakukan pengelolaan keuangannya.



Simak Video "Hadirkan Fitur Pembayaran Nontunai, Jenius QR Ingin Geser OVO Cs?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)