Bosan Belajar di Rumah, Ini Obat Mujarabnya

Bosan Belajar di Rumah, Ini Obat Mujarabnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 31 Mar 2020 12:08 WIB
MOSCOW, RUSSIA - MARCH 20, 2020: Recording an online lecture for students of the Russian University of Transport. The universitys rector Alexander Klimov ordered to shift the secondary vocational education programs to online learning amid the COVID-19 coronavirus pandemic, starting from March 23, 2020. Sergei Savostyanov/TASS (Photo by Sergei SavostyanovTASS via Getty Images)
Belajar dari rumah. (Foto: pool)
Jakarta -

Masa belajar dari rumah diperpanjang menyusul belum meredanya wabah virus corona. Tentu, kebosanan saat belajar dari rumah pun muncul. Ini 'obat mujarabnya'.

Aktivitas kegiatan belajar yang dilakukan secara online dalam waktu lama, bisa melahirkan kebosanan bagi murid. Mereka pun harus pandai menyiasati agar kegiatan belajar tersebut tidak jemu.

Beberapa tips berikut bisa dilakukan agar aktivitas di rumah tetap bisa menyenangkan, yakni sebagai berikut:

Atur Jadwal Belajar

Bagaimanapun juga sebagai murid punya kewajiban belajar yang harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti libur. Maka, buatlah jadwal belajar layaknya sekolah seperti hari biasanya.

Mulai belajar pada jam seperti waktu kalian bersekolah. Begitu juga dengan pelajaran yang harus kalian pelajari, sesuaikan dengan mata pelajaran yang berlaku.

Gunakan Aplikasi Belajar

Untuk mempermudah kegiatan belajar dari rumah, kalian bisa memanfaatkan aplikasi belajar yang saat ini sudah banyak tersedia di Play Store maupun App Store.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyiapkan pelajaran dari SD hingga SMU yang bisa diakses di belajar.kemendibud.go.id. Situs bisa dikunjungi semua pelajar Indonesia dari manapun dan kapanpun.

Nikmati Hiburan

Setelah memenuhi kewajiban belajar, kalian bisa menikmati hiburan, misalnya dengan mendengarkan layanan streaming musik atau video.

Begitu pun bila ingin bermain game, yang tentunya sebagai catatan itu dilakukan usai belajar telah dilakukan pada hari itu. Selain itu, jangan lupa batasi waktu bermain tersebut.

Tetap Terhubung dengan Teman

Berada di rumah bukan berarti silaturahmi dengan teman sekolah berhenti. Kalian bisa berinteraksi dengan mereka lewat aplikasi untuk berkomunikasi.

Saling berkirim pesan atau melakukan panggilan, baik suara atau video untuk berbincang-bincang. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar kabar masing-masing.

Cermat Memilih Paket Data

Dengan kegiatan banyak dilakukan online, maka kalian harus cermat dalam memilih paket kuota data. Jangan situasi seperti sekarang ini membuat kali boros dalam menggunakan layanan internet.

Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan online tersebut, Smartfren menyediakan Kartu Perdana 1ON+ (baca ion plus) yang diklaim terjangkau dengan varian voucher data yang berlaku mingguan.

Kartu perdana yang dibanderol Rp 20 ribu ini memiliki masa aktif panjang hingga 365 hari, bonus kuota sebesar 0,5 GB setiap bulannya selama enam bulan dengan total kuota 3 GB. Bagi yang melakukan isi ulang minimal Rp 10 ribu tiap minggu, memungkinkan mendapatkan bonus kuota mingguan sebesar 250 MB.

Menurut Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim, kartu perdana ini dinilai cocok untuk segmen pelajar yang biasa isi ulang mingguan dan harganya sesuai dengan uang jajan mereka.

"Mereka selalu butuh kuota lebih, makanya kita beri bonus kuota yang cukup untuk pemakaian setiap minggunya dan tidak perlu repot memikirkan masa aktif kartu perdananya," pungkasnya.



Simak Video "Video Kegigihan Anak Pulau Ikuti Belajar Online Raih Penghargaan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)