Kamis, 05 Des 2019 10:14 WIB

Tanda WiFi yang Bisa Sadap Ponsel dan Cara Mengatasinya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi. Foto: Unspslah Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta - Seringkali ketika kebingungan mencari internet saat kuota habis adalah WiFi gratis. Tapi bagaimana caranya bisa mengetahui apakah WiFi tersebut aman atau telah disusupi penyadap?

Berikut ini adalah tanda-tandanya seperti ditulis SaferVPN.


1. Tidak ada laman 'Terms of Service'

WiFi publik akan segera mengarahkan Anda ke laman 'terms of service' yang mengharuskan akan menyetujui kesepakatan dalam layanan. Jika tidak ada, coba dipikir dua kali apakan WiFi ini benar-benar aman?

2. Tidak butuh password

Saat Anda mengakses WiFi di salah satu tempat umum misalnya kedai kopi, Anda pasti akan dimintai password untuk masuk ke dalam jaringan WiFi mereka. Jika tidak yakin, tanyakan pada pegawai apakah memang WiFi ini tidak memerlukan akses password untuk terhubung.

3. Internet yang lambat

Apabila Anda mengalami koneksi yang luar biasa lambat, itu bisa disebabkan oleh pengalihan rute ke peretas.

4. Aplikasi berhenti bekerja

Jika aplikasi Anda secara misterius berhenti bekerja atau browser Anda mulai menampilkan pesan 'error' secara random, Anda mungkin berada di jaringan Wi-Fi publik palsu.


Yang bisa Anda lakukan:

Buka pengaturan jaringan perangkat Anda dan hapus semua jaringan publik yang 'ingat' oleh perangkat Anda sehingga Anda tidak secara otomatis terhubung ke jaringan palsu.

Selain itu, saat Anda tidak menggunakan perangkat Anda, matikan WiFi (terutama pengaturan koneksi otomatis). Pastikan program anti-virus Anda selalu di-update. Juga, lakukan pemindaian sistem secara teratur untuk mendeteksi masalah yang ada pada perangkat Anda.

Simak Video "Kata Penumpang Citilink Usai Menjajal WiFi Onboard di Atas 35.000 Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)