Selasa, 23 Jun 2015 13:49 WIB

Tips Trik

Cara Mudah Memainkan Game Android di Komputer

Adi Fida Rahman - detikInet
Jakarta - Pernah menemukan aplikasi game Android yang menarik dan berharap bisa dimainkan di komputer? Hal itu bukanlah mustahil. Bahkan dapat dengan gampang diwujudkan. Salah satu caranya dengan menggunakan emulator.

Meski berbeda sistem, lewat emulator kita dapat memainkan maupun menjalankan aplikasi Android berformat APK di komputer. Emulator ini bersifat sebagai Android virtual di komputer.

Ada banyak emulator yang bisa digunakan. Salah satu yang terbaik adalah BlueStacks. Emulator ini diklaim mampu menjalankan 96% aplikasi dan 86% game Android. Alternatifnya GenyMotion menjanjikan dukungan 90% aplikasi dan 77% game.



Menginstal BlueStacks cukup mudah. Namun terlebih dulu menguduh file instalasinya di website resminya bluestacks.com. Pada proses instal, jangan lupa untuk mencentang App Store Access dan App Notification. Hal ini penting agar BlueStacks dapat berjalan dengan baik.



Ketika pertama kali menjalankan, kita akan diminta untuk memasukkan akun Google agar bisa mengakses Play Store. Barulah kita akan diantar ke Home Sreen. Untuk mencari game, klik pada bar di kanan atas.

Seketika aplikasi game akan tampil dari berbagai sumber. Disarankan untuk memilih 1Mobile atau GetJar agar tidak perlu melakukan login bila ingin mengunduh aplikasi.



Setelah dipilih tekan download dan diikuti mengklik tombol instal. Bila telah selesai, kita dapat mengakses aplikasi game yang telah diinstal di bagian My Apps.

Selain menggunakan emulator, kita pun bisa menggunakan ARC Welder di browser Chrome. ARC Welder merupakan project perluasan dari App Runtime for Chrome (ARC) yang dirilis Google pada September 2014.

ARC Welder memiliki fungsi membuat aplikasi Android dapat berjalan di perangkat komputer atau laptop berbasis Windows, Linux maupun MacOS menggunakan browser Chrome. Lalu bagaimana agar bisa menjalankan file APK di Chrome?



Pertama jalankan browser Chrome diikuti dengan membuka Chrome Web Store. Cari ekstensi dengan nama ARC Welder, kemudian tekan tombol Add To Chrome. Seketika akan muncul Chrome App Launcher pada tool bar. Proses pengunduhan pun dimulai.



Ketika proses intalasi selesai, buka Chrome App Launcher, klik ARC Welder. Akan muncul jendela ARC Welder yang bertuliskan 'Test Your App' dan tombol 'Add Your APK'.



Tekan tombol 'Add Your APK', lalu pilih salah satu file game berformat APK yang tersimpan dalam komputer. Kemudian pilih ukuran tampilan. Berhubung ingin memainkan game di layar komputer, disarankan pilih opsi maksimal.

Setelah selesai klik 'Launch App'. Seketika, aplikasi game yang dipilih akan tampil di layar dan dapat segera dimainkan. Selamat Mencoba!

(ash/ash)