Minggu, 24 Feb 2008 11:34 WIB

Updated

Tak Acuhkan Wimax, XL Berpaling ke LTE

- detikInet
Mataram - PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) telah memberikan gambaran tentang masa depan teknologi jaringan pita lebar yang akan dipilihnya. Orang nomor satu operator seluler itu sendiri yang menyatakan bakal memilih teknologi Long Term Evolution (LTE) ketimbang Wimax.

Presdir XL Hasnul Suhaimi mengatakan, US Sprint Nextel yang merupakan operator seluler terbesar di Amerika Serikat saja sudah menyerah dengan Wimax. "Karena kenyataannya, teknologi Wimax yang diadopsi mereka ternyata tak secerah yang diharapkan untuk meningkatkan pendapatan."

"Jadi, lebih baik kami mengembangkan saja yang sudah ada. Kebetulan, teknologi LTE cocok untuk jaringan 3G dan HSDPA kami. Dan pastinya, investasi yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan Wimax karena harus mengeluarkan investasi untuk membangun perangkat jaringan baru," tukasnya di sela Media Gathering XL 2008 di Hotel Sheraton Senggigi, Mataram, yang berakhir Minggu (24/2/2008).

XL sendiri berencana mengimplementasikan LTE paling cepat di 2009 mendatang, setelah terkesan melihat performa teknologi itu saat unjuk gigi di ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. Namun, sebelum benar-benar mengimplementasikannya, XL juga akan menunggu keberhasilan implementasi jaringan LTE di operator-operator lain di mancanegara.

Meskipun LTE menawarkan kecepatan data tinggi hingga 30 Mbps, namun, menurut Hasnul, perihal izin frekuensi bisa menjadi hambatan untuk mengimplementasikan teknologi tersebut. Sebab, kata dia, LTE baru bisa berjalan di frekuensi 2.5 GHz. Sementara, jaringan layanan 3G yang dimiliki XL beroperasi di frekuensi 2,1 GHz.


Keterangan: Ada revisi judul pada berita yang sebelumnya tertulis "Acuhkan Wimax, XL Berpaling ke LTE". Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan.



(rou/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed