Mengenal Kecanggihan I-CHAT, Aplikasi Pembelajaran Bagi Tunarungu

Mengenal Kecanggihan I-CHAT, Aplikasi Pembelajaran Bagi Tunarungu

ADVERTISEMENT

Mengenal Kecanggihan I-CHAT, Aplikasi Pembelajaran Bagi Tunarungu

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 21 Jan 2023 20:10 WIB
Telkom memperluas jangkauan aplikasi pembelajaran I-CHAT sampai ke tujuh kota di Indonesia.
Aplikasi pembelajaran I-CHAT untuk penyandang disabilitas dalam belajar bahasa isyarat. Foto: Dok. Telkom
Jakarta -

Telkom memperluas jangkauan aplikasi pembelajaran I-CHAT sampai ke tujuh kota di Indonesia. Aplikasi ini akan membantu disabilitas belajar bahasa isyarat yang lebih modern.

I-CHAT merupakan akronim dari I Can Hear and Talk ini adalah aplikasi pembelajaran bahasa isyarat yang berfungsi membantu disabilitas, khususnya tunarungu, dalam bentuk multimedia.

Meski ditujukan kepada tunarungu, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi I-CHAT tersebut.

"Ini adalah sarana pembelajaran bahasa isyarat bagi para difabel tunarungu maupun masyarakat umum yang juga ingin mempelajari bahasa isyarat. Hadirnya aplikasi I-CHAT mengubah cara konvensional dalam pembelajaran bahasa isyarat menjadi cara modern dengan memanfaatkan keunggulan teknologi IT, ujar SGM Telkom CDC, Hery Susanto, dalam keterangan tertulisnya.

Telkom memperluas pemanfaatan aplikasi pembelajaran I-CHAT ke tujuh kota di tanah air, yakni Jakarta, Bandung, Purwokerto, Malang, Sidoarjo, Makassar, dan Lampung.

Hery melanjutkan, pembelajaran bahasa isyarat dapat dilakukan dengan mudah dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

Aplikasi ini juga telah disosialisasikan ke banyak kota besar di Indonesia dan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB-B) disertai pemberian bantuan komputer kepada beberapa SLB-B terpilih.

"Semoga perangkat yang telah diberikan dapat dimanfaatkan optimal sebagai sarana pembelajaran bahasa isyarat, sehingga ke depan para disabilitas tunarungu dapat bersosialisasi lebih mudah. Tentunya, ke depan diharapkan I-Chat dapat digunakan dan dimanfaatkan secara lebih luas lagi oleh seluruh masyarakat Indonesia baik yang disabilitas maupun tidak," sambungnya.

Hery mengatakan kegiatan tersebut menegaskan Telkom sebagai perusahaan yang menjujung nilai keberagaman dan inklusivitas. Menghormati segala perbedaan dan mempercayai bahwa setiap individu berhak mendapatkan kesempatan yang sama, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

Di sisi lain, fokus perusahaan plat merah ini sebagai bentuk kontribusi di bidang pendidikan, yang mana itu selaras poin empat dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Pendidikan Berkualitas.

"Yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Karenanya, kedua hal tersebut menjadi latar belakang yang kuat bagi Telkom terus mengembangkan dan menyebarluaskan I-CHAT ke seluruh Indonesia agar bisa dimanfaatkan dengan optimal," pungkasnya.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT