Sinyal 3G Tamat, Indosat Pastikan 4G On Terus

Sinyal 3G Tamat, Indosat Pastikan 4G On Terus

ADVERTISEMENT

Sinyal 3G Tamat, Indosat Pastikan 4G On Terus

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 04 Jan 2023 21:45 WIB
An unrecognizable woman dressed in a white T-shirt with black stripes texting on her smartphone.
Foto: iStock
Jakarta -

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah mematikan sinyal 3G di seluruh Indonesia pada Desember 2022. Sebagai gantinya pengguna kini menikmati jaringan 4G, bahkan di sejumlah titik sudah terselimuti 5G.

"Kalau ada yang tanya bagaimana kalau 4G mati, 4G-nya Indosat nggak pernah mati," kata Danny Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison saat press conference Empowering Indonesia Report 2023 di Kantor Indosat, Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Kendati semua pengguna Indosat sudah dimigrasikan ke 4G, Danny mengungkap IOH masih menyisakan 3G di beberapa titik lantaran proses integrasi masih belum kelar. Pun begitu jumlahnya sangat sedikit.

"2022 sebenarnya targetnya mati semua. Hanya ada sedikit sisa karena integrasi beberapa belum dimatikan. Intinya secara as services tidak dianggap," ujarnya.

Danny tak menyebut kapan IOH bakal menamatkan 3G di jaringannya. Dia hanya memastikan tidak ada pengurangan pelanggan imbas dari digantikannya 3G ke 4G.

"Ketika mematikan 3G, kita tahu secara otomatis 3G pindah ke 4G. Jadi gabungan 4G dan ditambah pelanggan organik jumlahnya bertambah, di Desember 2022 kami mencapai 100 juta pelanggan," ungkapnya.

Sebelumnya IOH mengaku telah mematikan jaringan 3G di seluruh Indonesia. Dengan demikian, jumlah total 100 juta pelanggan yang dimilikinya saat ini semua menggunakan layanan 4G.

"3G shutdown kita udah komplit. Sudah selesai," ujar Danny pada Desember lalu.

Dia tidak mengungkapkan secara rinci jumlah Base Transceiver Station (BTS) maupun pelanggan 3G yang terdampak dimatikannya jaringan seluler generasi ketiga tersebut.

IOH mengalihkan jaringan 3G ke 4G. Sehingga, jumlah BTS yang dimiliki operator seluler ini tetap sama meski ada upgrade 3G ke 4G.

"Kita convert dari 3G jadi 4G jadi sebetulnya jumlah BTS-nya akan sama, cuma tadinya kita pakai 3G jadinya di 4G," kata Danny.

Begitu juga penggunaan frekuensi 3G pun sudah dialihkan oleh IOH untuk peningkatan layanan 4G.

"Ya, jadi 4G semuanya, makanya 4G itu lebih efisien dan efektif," ungkap Danny menambahkan.

Selain Indosat Ooredoo Hutchison, ada Telkomsel dan XL Axiata yang juga berencana mematikan jaringan 3G. Penghapusan sinyal 3G menjadi keharusan demi meningkatkan kualitas 4G di Indonesia.



Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT