Telkomsel Kerahkan 682 BTS 4G dan 5G untuk KTT G20 di Bali

Telkomsel Kerahkan 682 BTS 4G dan 5G untuk KTT G20 di Bali

ADVERTISEMENT

Telkomsel Kerahkan 682 BTS 4G dan 5G untuk KTT G20 di Bali

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 19 Okt 2022 16:39 WIB
Telkomsel
Telkomsel Kerahkan 682 BTS untuk Sukseskan KTT G20 di Bali (Foto: Dok. Telkomsel)
Badung -

Telkomsel mengerahkan 682 BTS di venue utama dan fasilitas pendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Dukungan infrastruktur ini diharapkan dapat menyukseskan acara puncak G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel memiliki dua hal utama yang harus disiapkan demi kelancaran acara G20. Salah satunya tentu memastikan jaringan yang stabil di seluruh venue selama rangkaian acara puncak.

"Tentu hal ini untuk memastikan bahwa secara coverage kita tidak memiliki blank spot, kemudian secara capacity cukup untuk melayani melonjaknya kebutuhan pelanggan di acara G20 ini," kata Nugroho dalam konferensi pers di Kuta, Bali, Rabu (19/10/2022).

"Karena di acara G20 ini tentu banyak tamu-tamu dari mancanegara juga dari nasional yang berkumpul di kota-kota di mana G20 itu diselenggarakan," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Network Service Management Area Jawa Bali Telkomsel Juanita Erawati mengatakan 682 BTS itu disebar di delapan venue utama termasuk Apurva Kempinski, Garuda Wisnu Kencana, Bandara Internasional Ngurah Rai, dan wilayah Nusa Dua.

"Di main venue ini kita men-deploy dua teknologi, 4G dan 5G dengan guaranteed throughput kita desain di 5 Mbps," kata Juanita.

"Kedua di supporting venue di mana hotel untuk delegasi berada. Di sini kita cover dengan 4G dengan throughput didesain di 3 Mbps. Ketiga di supporting facility yaitu main road di Bali, tol Mandara, tempat-tempat wisata dan di shopping center," imbuhnya.

Telkomsel G20Persiapan Telkomsel menuju KTT G20 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Juanita menjabarkan 682 BTS itu terdiri dari 39 BTS 5G, 320 BTS 4G, 130 BTS 3G, dan 193 BTS 2G. Jumlah itu sudah termasuk 88 BTS 4G tambahan. Telkomsel juga mengerahkan 11 unit Compact Mobile BTS (Combat) di beberapa wilayah seperti GWK, hutan mangrove, dan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Soal kecepatan jaringan, Juanita mengatakan Telkomsel sudah melakukan uji kecepatan yang hasilnya memuaskan. Contohnya di venue Bali Nusa Dua Convention Center, koneksi 5G-nya tembus 1,1 Gbps.

Telkomsel juga menggunakan dual homing transport di venue-venue tersebut, agar jika ada satu yang mati maka satunya lagi masih berfungsi. Khusus untuk Apurva Kempinski yang akan menjadi tempat pertemuan kepala negara G20, operator plat merah akan menggunakan triple homing transport.

"Jadi kalau dua mati masih ada satu. Karena kejadian kemarin ini sudah dual homing tapi ternyata ada problem. Nah kita mau memastikan semuanya akan aman," pungkas Juanita.



Simak Video "Jokowi: Jangan Sampai Dunia Mengulang Kesalahan saat Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT