Daftar Terbaru Sinyal 3G yang Dimatikan Telkomsel di 19 Kabupaten/Kota

Daftar Terbaru Sinyal 3G yang Dimatikan Telkomsel di 19 Kabupaten/Kota

ADVERTISEMENT

Daftar Terbaru Sinyal 3G yang Dimatikan Telkomsel di 19 Kabupaten/Kota

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 18 Okt 2022 08:50 WIB
Migrasi jaringan 3G ke 4G yang dilakukan Telkomsel.
Daftar Terbaru Sinyal 3G yang Dimatikan Telkomsel di 19 Kabupaten/Kota. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel kembali meningkatkan layanan 3G ke 4G/LTE di 19 kabupaten/kota. Ini merupakan tahapan lanjutan dari proses suntik mati layanan 3G Telkomsel.

Peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G di 19 kota/kabupaten yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Jawa Tengah. Kota/kabupaten tersebut meliputi Merauke, Mandailing Natal, Seruyan, Kapuas, Kutai Barat, Karanganyar, Boyolali, hingga Sleman.

"Telkomsel terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mendapatkan akses jaringan broadband 4G yang mudah dan merata, sehingga mampu mengakselerasi adopsi dan adaptasi gaya hidup digital pelanggan melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi terdepan yang lebih inklusif," ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap dan terukur sejak Maret 2022 dengan menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Sampai dengan saat ini, anak perusahaan Telkom ini telah melakukan proses upgrade 3G ke 4G di 185 kota/kabupaten. Melalui proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang telah beralih menggunakan uSIM 4G hingga 10%.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G diharapkan terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui di *888*47#.

Untuk mempermudah pelanggan yang ingin beralih dari 3G ke 4G, Telkomsel membuka penukaran kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan, seperti e-commerce dan GraPARI Online.

Sementara untuk mekanisme offline, pelanggan Telkomsel cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat. Selama proses upgrade 3G ke 4G dan pada saat registrasi uSIM, pelanggan membawa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Pelanggan bisa melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel pelanggan. Apabila terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan terlebih dahulu melakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANGNIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444.

"Kami berharap proses upgrade jaringan 3G ke 4G dan percepatan migrasi pelanggan ini dapat berjalan lancar, sehingga pelanggan dapat mendapatkan pengalaman gaya hidup digital yang lebih baik dengan dukungan jaringan broadband 4G yang andal," pungkas Nugroho.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT