Doreen Bogdan-Martin dari AS Terpilih Jadi Sekretaris Jenderal ITU

Doreen Bogdan-Martin dari AS Terpilih Jadi Sekretaris Jenderal ITU

ADVERTISEMENT

Laporan dari Bucharest

Doreen Bogdan-Martin dari AS Terpilih Jadi Sekretaris Jenderal ITU

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 29 Sep 2022 17:35 WIB
Sidang ITU
Foto: Triana Anugrawati/Kominfo
Bucharest -

Doreen Bogdan-Martin dari Amerika Serikat terpilih sebagai Sekretaris Jenderal atau Sekjen International Telecommunication Union (ITU) periode 2023-2026.

Dengan terpilihnya Doreen, dia menjadi perempuan pertama yang memimpin organisasi telekomunikasi dunia di bawah PBB. Dia menggantikan Houlin Zhou yang sebelumnya menjadi Sekjen ITU 2019-2022

Pemilihan berlangsung selama ITU Plenipotentiary Conference (PP-22) di Bucharest, Rumania, pada hari Kamis pagi waktu setempat. Perwakilan tiap negara anggota memberikan suara selama sesi pertemuan pertemuan.

Doreen mendapat dukungan penuh dari mayoritas anggota ITU. Sebanyak 139 suara dia dapatkan dari 172 suara yang diberikan.

"Apakah itu anak kita atau cucu-cucu kita, kita perlu memberi mereka fondasi yang kuat dan stabil untuk pertumbuhan," kata Doreen. "Dunia sedang menghadapi tantangan yang signifikan - meningkatnya konflik, krisis iklim, ketahanan pangan, ketidaksetaraan gender, dan 2,7 miliar orang tanpa akses ke Internet. Saya percaya kami, ITU dan anggotanya, memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi transformasional. Inovasi terus-menerus dapat dan akan menjadi pendorong utama untuk memfasilitasi penyelesaian banyak masalah ini."

Dorren telah memegang posisi kepemimpinan dalam kebijakan telekomunikasi internasional selama lebih dari dua dekade. Sepanjang kariernya, dia telah menjadi perantara kemitraan yang inovatif dan visioner dengan sektor swasta, masyarakat sipil, dan lembaga PBB lainnya untuk mempercepat inklusi dan konektivitas digital.

Sidang ITUSidang ITU Foto: Triana Anugrawati/Kominfo

Dorren akan memulai jabatan empat tahunnya sebagai Sekretaris Jenderal ITU dimulai 1 Januari 2023.

Sekretaris Jenderal terpilih telah berjanji untuk terus mendorong lembaga ini menjadi inovatif dan semakin relevan bagi negara anggota, memposisikan semua dengan lebih baik untuk merangkul lingkungan digital dan membuat kemajuan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB dan connecting the unconnected.

Pada sidang ITU PP 2022, negara-negara anggota juga akan memilih kandidat untuk jabatan Wakil Sekretaris Jenderal, Direktur Biro Komunikasi Radio, Direktur Biro Standardisasi Telekomunikasi, dan Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi.

Pemungutan suara untuk kepemimpinan senior ITU akan diikuti oleh pemilihan untuk 12 anggota Radio Regulations Board (RRB) dan 48 anggota dewan yang dialokasikan secara regional.



Simak Video "Saat Lagu Maumere Hipnotis Delegasi Sidang ITU Rumania"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT