Indonesia Berjuang Mati-matian Jadi Dewan Telekomunikasi dan Radio Dunia

ADVERTISEMENT

Laporan dari Bucharest

Indonesia Berjuang Mati-matian Jadi Dewan Telekomunikasi dan Radio Dunia

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 28 Sep 2022 20:30 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Indonesia Berjuang Jadi Dewan Telekomunikasi dan Radio Dunia. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Bucharest -

Indonesia berjuang mati-matian agar bisa terpilih menjadi anggota dewan di International Telecommunication Union (ITU) dan Radio Regulations Board (RRB) Region E Asia Australasia. Penggalangan dukungan terus digenjot hingga hari pemilihan yang berlangsung 3 Oktober mendatang.

"Yang namanya berjuang harus selalu optimis sampe last minute. Kami never give up," tegas Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat ditemui di sela-sela pertemuan bilateral di sidang ITU Plenipotentiary Conference ke-21 pada Rabu pagi (28/9/2022) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania.

Lanjut disampaikan Menkominfo, tim negosiasi dari Kominfo itu terus bekerja dan terus bergerak melakukan berbagai pendekatan dengan berbagai cara. Salah satunya menyiapkan PIN Vote For Indonesia.

"PIN Vote for Indonesia didistribusikan untuk mengingatkan bahwa Indonesia mencalonkan diri sebagai council dan anggota RRB. Usaha itu akan terus kita lakukan sampai saat pemilihan," kata Johnny.

Tak hanya itu, Menkominfo mengaku melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan negara-negara ITU demi memberikan dukungan pada Indonesia.

"Hari ini kami punya kesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Kementerian Science and Digital Rumania dan ANCOM Indonesia, di mana Rumania memberikan dukungan untuk kandidasi Indonsia di Council ITU dan Radio Regulations Board Region E," ujarnya

Selain itu nanti malam waktu Rumania akan digelar Indonesia Night. Dalam perhelatan tersebut akan diadakan pagelaran seni tari dari daerah di Tanah Air serta eksibisi tenunan karya penenun.

"Tentu yang utama adalah kita sekali lagi untuk menggalang dukungan atas usaha kita untuk menjadi anggota council member ITU dan mendukung Pak Meiditomo sebagai anggota Radio Regulation Board region E," terang Johnny.

Sejauh ini, kata Menkominfo, dukungan tentu terus bertambah untuk Indonesia. Namun dia menyadari dalam pertemuan tingkat multilateral selalu berubah-ubah.

"Dari tiga kursi dukungan untuk RRB Region E mudah-mudahan kita semakin kuat bersama-sama dengan Saudi Arabia dan India," ujarnya optimis.

Demikian pula posisi Indonesia di Dewan ITU. Ini mengingatkan Indonesia telah lama memberikan dukungan untuk organisasi telekomunikasi di bawah PBB ini

"Kita telah lama memberikan dukungan untuk ITU di council dengan keahlian-keahlian dan policy yang kita siapkan. mudah-mudahan kali ini, dari laporan yang saya peroleh, dukungan terhadap Indonesia di council ITU makin kuat," pungkasnya



Simak Video "Portugal Diminta Dukung Indonesia di International Telecommunication Union"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT