Menkominfo Ajak Seluruh Negara Dukung Indonesia Jadi Dewan ITU

Menkominfo Ajak Seluruh Negara Dukung Indonesia Jadi Dewan ITU

ADVERTISEMENT

Laporan dari Bucharest

Menkominfo Ajak Seluruh Negara Dukung Indonesia Jadi Dewan ITU

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 27 Sep 2022 15:54 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Ajak Seluruh Negara Dukung Indonesia Jadi Dewan ITU Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Bucharest -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan policy statement di sidang ITU Plenipotentiary Conference ke-21 pada Selasa pagi (27/9/2022) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania. Dia mengajak negara-negara seluruh dunia mendukung Indonesia menjadi dewan ITU (International Telecommunication Union/Persatuan Telekomunikasi Internasional).

"Saya juga ingin mempresentasikan pencalonan Indonesia untuk keanggotaan Dewan ITU dan pencalonan Dr. Meiditomo Sutyarjoko, sebagai anggota Badan Regulasi Radio, untuk Wilayah E," ujar Menkominfo.

"Dengan ini saya menyambut semua negara anggota mendukung pencalonan tersebut di atas. Saya mengandalkan dukungan Anda yang sangat berharga," ajaknya.

Johnny mengungkap hanya ada tiga kursi untuk anggota Radio Regulations Board (RRB). Saat ini ada 5 kandidat unggulan, yakni China, Arab Saudi, Indonesia India dan Irak.

"Nah kita sekarang ini di 4 besar yang sedang bergerak menuju 3 besar," ungkap Menkominfo.

Sebelumnya, Johnny menerangkan kenapa Indonesia begitu mengincar posisi dewan ITU dan anggota RRG region E Asia Australasia. Ini demi bisa ikut serta dalam pengambilan keputusan di ITU sehingga bisa selaras dengan kepentingan dalam negeri serta negara-negara berkembang.

"Kenapa kita berharap Pak Meidi bisa menjadi anggota RRB karena memang saat ini kita sedang gencar-gencarnya membangun satelit. Salah satu negara di Asia yang kapasitas satelitnya paling besar saat ini adalah Indonesia, yang sudah menandatangani kontrak-kontraknya, sehingga kita membutuhkan seorang yang duduk di RRB. Saat kita mengusahakannya slot orbit untuk satelit kita ada orang di sana yang memperjuangkannya," kata Johnny.

"Saya tentu berharap dari Pak Meidi nanti akan sukses menjadi salah satu anggota RRB dan memperjuangkan kepentingan Indonesia untuk mendapatkan slot orbit dan tentu kepentingan dunia," harapnya.



Simak Video "Kominfo Sudah Komunikasi dengan PayPal Terkait Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT