Telkomsel Kolaborasi dengan neuCentrIX, Bikin Apa?

ADVERTISEMENT

Telkomsel Kolaborasi dengan neuCentrIX, Bikin Apa?

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 14 Sep 2022 18:30 WIB
Kunjungan VP Network Partnership Management Telkomsel dan DEVP Managed Service Divisi Wholesale Service Telkom ke NeuCentrIX Karet, Jakarta
Kunjungan VP Network Partnership Management Telkomsel dan DEVP Managed Service Divisi Wholesale Service Telkom ke NeuCentrIX Karet, Jakarta. Foto: Dok. neuCentrIX
Jakarta -

neuCentrIX, penyedia layanan data center, berkolaborasi dengan Telkomsel agar operator plat merah itu bisa mengakses layanan yang ada di dalam neuCentrIX.

Untuk dapat memfasilitasi implementasi WFH, banyak pelaku bisnis yang memilih data center colocation daripada opsi yang konvensional. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengoptimalkan ceruk tersebut dengan menghadirkan neuCentrIX, penyedia service data center.

"Telkomsel kini dapat menggunakan layanan yang ada di dalam NeuCentrIX untuk mengakses produk digital lokal maupun global serta memenuhi kebutuhan broadband internet untuk mendukung perkembangan bisnis digital perusahaan," kata Deputy EVP Manage Service Telkom DWS Hadi Prakosa, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Ia menilai kolaborasi sesama anak usaha Telkom tersebut dapat menjadi jangkar yang akan menarik para content owner untuk turut memperkaya ekosistem NeuCentrIX.

"Telkomsel akan memperoleh manfaat berupa peningkatan experience pelanggan khususnya untuk game dan video services sehingga memiliki keunggulan bersaing. Selain itu Telkomsel juga dapat meningkatkan performa broadband dan meningkatkan user experience untuk pengaksesan beberapa konten pilihan," tambah Hadi.

Bagi Telkom sendiri, kolaborasi tersebut dapat meleverage bargaining position neuCentrIX terhadap OTT (Over-The-Top)/content provider dalam upaya memonetisasi eyeballs Telkom Group.

"Pada akhirnya sinergi ini akan meningkatkan value Telkom Group," jelasnya.

Sementara, VP Network Partnership Management Telkomsel Awal R Chalik menilai kolaborasi perusahaannya dengan NeuCentrIX juga dapat mewujudkan sinergi Telkom dan Telkomsel sebagai pusat ekosistem digital.

"Harapan kami kolaborasi ini bisa meningkatkan competitiveness bagi pelanggan konsumer Telkomsel, dan membuka peluang baru untuk penyediaan solusi 'smart connectivity' bagi pelanggan corporate/enterprise, serta mendorong perkembangan industri konten dalam negeri," ujar Awal R Chalik.

Sejak pandemi dimulai, banyak bisnis yang kemudian berkembang berkat penemuan produk atau layanan baru dan bertahan karena mampu menghadapi perubahan berkat pemanfaatan infrastruktur digital, termasuk data center.

Untuk memitigasi downtime, neucentrix menerapkan komponen berlapis yang telah diperkuat, termasuk bandwidth, konektivitas, sumber daya, dan sistem pendingin, yang memastikan lebih dari 99% uptime dan ketersediaan yang lebih baik. Dengan demikian, jika satu data center down atau tidak dapat diakses, fasilitas di lokasi lain dapat menjadi recovery data center.



Simak Video "Simak Cara Cek Nomor Telkomsel di Sini!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT