Jangan FOMO, Ini Pentingnya Selektif Pilih Provider WiFi Rumah

ADVERTISEMENT

Jangan FOMO, Ini Pentingnya Selektif Pilih Provider WiFi Rumah

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Jumat, 26 Agu 2022 21:15 WIB
WiFi Rumah Indihome
Foto: Indihome
Jakarta -

Pakar marketing dan branding Yuswohady meminta masyarakat tidak fear of missing out/takut ketinggalan (FOMO) terhadap janji dari provider WiFi rumah. Sebab ketatnya persaingan para penyedia layanan internet membuat mereka tidak sedikit mulai memainkan rasa FOMO pada konsumen.

Ia menambahkan penetrasi layanan fixed broadband Indonesia masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan mobile broadband. World Bank Indonesia mencatat pada 2021 tingkat penetrasi fixed broadband pada rumah tangga di Indonesia masih kurang dari 20%.

Rendahnya angka tersebut membuat peta kompetisi layanan internet rumah semakin ramai. Imbasnya sejumlah penyedia layanan internet pun bermunculan untuk mengakuisisi pelanggan.

"Bentuk praktis yang biasa dilakukan oleh penyedia layanan internet dalam memasarkan produk melalui konsep FOMO adalah menawarkan harga murah dengan ketersediaan dan waktu yang terbatas. Mereka pun kerap menggunakan diksi seperti 'jangan ketinggalan promonya', 'awas rugi jika tidak menggunakan produk kami', dan sebagainya. Alhasil konsumen akan merasa takut ketinggalan dan mengabaikan rasionalitas saat memilih produk," jelas Yuswohady dalam keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Menurutnya, FOMO yang dirasakan oleh masyarakat terbukti dapat mendongkrak penjualan. Sebab sekitar 60% orang dapat melakukan pembelian akibat mengalami rasa FOMO. Adapun penyebab FOMO terjadi karena adanya cognitive bias pada manusia yang dapat mempengaruhi rasionalitas dalam pengambilan keputusan.

Di satu sisi, fenomena tersebut tidak dibarengi oleh penyedia layanan internet dengan menghadirkan kualitas produk dan layanan yang jempolan. Bahkan, tak sedikit justru jauh dari ekspektasi para pelanggan. Ia menambahkan ada sejumlah cara untuk terhindar dari 'janji manis' penyedia layanan internet.

Pilih Penyedia Layanan Internet yang Berpengalaman

Pengalaman suatu penyedia layanan internet dapat dicerminkan dari bagaimana mereka memberikan produk terbaik, pelayanan, serta menyelesaikan keluhan pelanggan. Provider yang telah lama fokus di bidangnya akan memiliki trust yang tinggi di benak pelanggan. Butuh belasan hingga puluhan tahun untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Riset Produk

Calon konsumen harus cermat dalam memilih layanan internet salah satunya dengan melakukan riset. Riset sederhana yang bisa dilakukan dengan mencari tahu mengenai speed, latency, konsistensi kecepatan, dan lainnya. Hindari memilih internet rumah hanya karena harganya yang murah dan promo sesaat saja.

WiFi Rumah adalah Kebutuhan Jangka Panjang

Memilih WiFi rumah perlu adanya pertimbangan yang matang dan rasional. Sebab internet rumah merupakan produk/layanan yang tidak bisa gonta-ganti dalam waktu dekat. Menggonta-ganti provider WiFi rumah hanya akan menambah cost serta menguras waktu dan energi.

"Konsumen harus lebih pintar dalam memilih WiFi rumah. Sebab pasca pandemi banyak aktivitas yang sangat bergantung pada jaringan tersebut," tutupnya.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT