Jaga Kecepatan Internet, IndiHome Siagakan 16 Ribu Teknisi

ADVERTISEMENT

Jaga Kecepatan Internet, IndiHome Siagakan 16 Ribu Teknisi

Angga Laraspati - detikInet
Senin, 08 Agu 2022 18:29 WIB
Teknisi IndiHome
Foto: dok. IndiHome
Jakarta -

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk lewat IndiHome berupaya memastikan koneksi internet yang cepat untuk pelanggannya. Oleh karena itu, IndiHome menyiapkan 16 ribu teknisi yang siap sedia memperbaiki koneksi internet.

"16 ribu teknisi siaga tersebut tersebar secara proporsional di seluruh wilayah jangkauan IndiHome guna melayani 8,9 juta pelanggan," kata Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Seperti yang diketahui penetrasi jaringan internet cepat IndiHome sudah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Jangkauan tersebut didukung oleh 251.116 base transceiver station (BTS), 14,1 juta optical port dengan konektivitas kabel serat optik sepanjang 170.885 kilometer.

Berkat itu, bila konsumen mengalami gangguan koneksi, pelanggan tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor IndiHome. Pelanggan dengan mudah cukup menghubungi pusat informasi 147 melalui telepon rumah dan ponselnya.

Akun resmi media sosial IndiHome pada platform Facebook, Twitter, Instagram, Line melalui akun @indihomecare pun tersedia 24 jam untuk menampung keluhan masyarakat agar bisa dengan cepat ditindaklanjuti.

Dedikasi para teknisi ini juga dapat dilihat dari mini series yang berjudul 'Teknisi Magang'. Serial drama komedi ini menggambarkan dinamika riil bagaimana teknisi IndiHome memiliki dedikasi tinggi dalam menjamin kelancaran koneksi internet rumah masyarakat.

Teknisi IndiHome tidak hanya bertugas memperbaiki perangkat jaringan yang rusak semata. Para teknisi senantiasa akan memberikan berbagai tips dan saran agar internet rumah pelanggan lebih optimal.

Ada beberapa tips yang kerap diberikan teknisi IndiHome begitu mendatangi rumah pelanggan ketika memasang koneksi ataupun memperbaiki koneksi dan tidak dikenakan biaya tambahan sama sekali.

Peletakkan Router Wifi dengan Tepat

Saat ini, utilisasi internet mayoritas menggunakan perangkat router wifi. Gawai ini berfungsi sebagai pemancar yang jaringannya bisa ditangkap oleh hampir semua perangkat rumah tangga seperti smartphone, televisi, kulkas, hingga sistem keamanan rumah.

Teknisi IndiHome akan menyarankan pelanggan untuk menempatkan routernya di area yang terbuka tanpa terhalang agar penyebaran koneksi internetnya merata di seluruh rumah.

Menambah 'Wifi Extender' Jika Dibutuhkan

Sejatinya router wifi cukup untuk memancarkan satu lantai seluruh rumah pelanggan. Namun, banyak pelanggan yang juga memiliki rumah yang luasnya melebihi rata-rata sekalipun memiliki banyak lantai.

Para teknisi IndiHome akan menyarankan pelanggan tersebut untuk menambah router tambahan untuk bisa menjangkau seluruh rumah.

Tidak perlu khawatir, penambahan router ini bukan berarti menambah beban akun pembayaran tambahan melainkan ditawarkan melalui paket special add-on dengan harga yang amat ekonomis.

Peringatan Batas Ideal Penggunaan Multi Perangkat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam satu rumah terdiri dari banyak gawai yang terhubung dengan internet. Router wifi memang tidak membatasi jumlah perangkat yang bisa terkoneksi, tapi tidak dengan daya internetnya.

Tanpa bermaksud mengorek kepemilikan gadget pengguna, teknisi akan menanyakan gambaran jumlah perangkat yang ada di rumah pelanggan untuk bisa memastikan paket mana yang cocok agar koneksi internet yang didapat optimal dan sesuai ekspektasi.

Meskipun, keputusan akhir penggunaan paket IndiHome ada pada pelanggan, tapi peringatan ini wajib diberitahukan agar konsumen tidak kecewa dan merasa dibohongi.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT