Telkomsel Matikan Sinyal 3G di 143 Kabupaten/Kota, Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Telkomsel Matikan Sinyal 3G di 143 Kabupaten/Kota, Ini Daftarnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 20 Jul 2022 21:10 WIB
Telkomsel akan upgrade layanan 3G ke 4G secara bertahap sampai akhir tahun.
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Telkomsel terus melakukan upgrade jaringan 3G ke 4G di sejumlah wilayah Indonesia. Terbaru, ada sebanyak 143 kota/kabupaten yang sinyal 3G Telkomsel dimatikan.

Proses upgrade 3G ke 4G sudah dilakukan Telkomsel di sepanjang tahun 2022. Dimatikanya jaringan 3G sebagai cara operator seluler ini memeratakan 4G di Indonesia.

"Kami berharap proses upgrade jaringan 3G ke 4G dan percepatan migrasi pelanggan dapat membuka peluang lebih luas bagi masyarakat sampai pelosok negeri dalam mengoptimalkan berbagai potensi diri untuk berkembang dan maju, melalui pemanfaatan teknologi akses broadband berteknologi digital terdepan dari Telkomsel," tutur Direktur Network Telkomsel Nugroso dalam siaran pers yang diterima detikINET, Rabu (20/7/2022).

Proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap dan terukur yang dibagi menjadi empat tahap.

Tahap pertama telah selesai dilakukan pada Maret hingga Mei 2022 di 86 kota/kabupaten, tahap kedua selesai dilakukan pada Juni 2022 di 91 kota/kabupaten. Saat ini Telkomsel telah memasuki tahap ketiga yang akan berlangsung mulai Juli 2022 dengan menargetkan 143 kota/kabupaten secara bertahap dan terukur.

Untuk tahap berikutnya akan diinformasikan lebih lanjut, menyesuaikan kesiapan ekosistem 4G secara keseluruhan.

Hingga tahap kedua proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G berlangsung, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G, yakni sebanyak 500 ribu pelanggan perbulan.

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel

Di sisi lain, Telkomsel juga memastikan masyarakat dapat dimudahkan dalam peningkatan penggunaan jaringan seluler tersebut, dengan menyediakan berbagai mekanisme penggantian kartu 3G ke kartu 4G atau uSIM.

Bagi yang akan melakukan ke 4G bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Caranya mudah, bsia melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.

Ada dua cara pelanggan Telkomsel pindah dari jaringan 3G ke 4G Telkomsel. Tetapi sebelumnya, pastikan perangkat pengguna sudah mendukung jaringan 4G.

1. Mekanisme Online

Pelanggan Telkomsel dapat memanfaatkan penukaran kartu 3G ke 4G melalui e-Commerce, seperti di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan JD.ID

2. Mekanisme Offline

Pelanggan dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat. Sebelumnya, selama registrasi uSIM harus dipastikan bahwa seluruh data diri sesuai identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

Pelanggan bisa melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri di *444# dan jika terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan terlebih dahulu melakukan registrasi ulang dengan cara mengetikULANGNIK#Nomor KK#kirim SMS ke4444.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT