20 Juli, Sinyal 3G Telkomsel Lenyap di Bandung, Bogor, Depok, Bekasi

ADVERTISEMENT

20 Juli, Sinyal 3G Telkomsel Lenyap di Bandung, Bogor, Depok, Bekasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 10 Jul 2022 20:35 WIB
Layanan 3G akan dimatikan Telkomsel secara bertahap
20 Juli 2022, Sinyal 3G Telkomsel Hilang di Bandung, Bogor, Depok, Bekasi. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Telkomsel terus memperluas pemerataan layanan 4G dengan menghilangkan sinyal 3G. Setelah sebelumnya wilayah DKI Jakarta, kini 3G akan hilang secara serentak sejumlah kota di Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, hingga Tangerang Selatan.

Terhitung mulai 20 Juli 2022, wilayah-wilayah di atas dipastikan tidak tersedia jaringan seluler generasi ketiga lagi. Pada tanggal tersebut pula, Telkomsel menonaktifkan sinyal 3G di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Lebak.

"Telkomsel mengimbau agar masyarakat yang masih menggunakan kartu 3G segera migrasi ke kartu 4G Telkomsel ke GraPARI terdekat agar dapat menikmati Digital Experience terbaik," ujar Manager Corporate Communications Telkomsel Jabodetabek Jabar, Trendy Bregantoro kepada detikINET.

Sejak akhir Maret lalu, Telkomsel mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 504 kabupaten/kota secara bertahap. Ditargetkan sampai akhir tahun ini, Telkomsel 3G dimatikan akan rampung.

Di saat bersamaan, Telkomsel juga melakukan sosialisasi di daerah yang terdampak akan dimatikan layanan 3G kemudian dialihkan ke layanan 4G. Mereka juga diimbau untuk melakukan pergantian kartu SIM 3G ke uSIM 4G dan menggunakan smartphone yang mendukung jaringan seluler generasi keempat.

Untuk jadwal daftar kota/kabupaten yang telah dilakukan peningkatan/pengalihan layanan 3G ke 4G sesuai periode waktu dapat diakses melalui: www.telkomsel.com/untungjadi4g. Namun sebagai informasi, upgrade layanan 3G ke 4G tersebut kondisional alias bisa berubah sewaktu-waktu yang tergantung kesiapan masing-masing wilayah.

Langkah dimatikan 3G ini selaras dengan imbauan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar seluruh wilayah Indonesia hanya tersedia layanan 4G di masa mendatang.

Beberapa waktu lalu, Menkominfo Johnny G. Plate menyebutkan layanan 3G dimatikan terlebih dahulu ketimbang 2G, karena pengguna bisa beralih ke jaringan yang lebih ngebut di 4G maupun 5G.

"2G masih dipertahankan karena itu layanan suara yang masih dibutuhkan masyarakat. Namun, untuk video dan gambar, layanan 3G akan jauh lebih lambat dibandingkan 4G," ujar Johnny.

Dengan dimatikannya sinyal 3G, maka penggunaan frekuensi oleh operator seluler dapat difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas 4G agar lebih cepat ataupun 5G yang baru tersedia secara terbatas di Indonesia.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT