Dadah! Sinyal 3G Telkomsel Sudah Lenyap di DKI Jakarta

ADVERTISEMENT

Dadah! Sinyal 3G Telkomsel Sudah Lenyap di DKI Jakarta

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 09 Jul 2022 14:30 WIB
Telkomsel mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G secara bertahap di 504 Kota/Kabupaten hingga akhir tahun 2022.
Dadah! Sinyal 3G Sudah Lenyap di DKI Jakarta. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel telah mematikan sinyal 3G di seluruh wilayah Jakarta. Hal ini sebagai cara pemerataan layanan 4G yang gencar dilakukan operator seluler tersebut.

Proses dimatikannya layanan 3G di Jakarta itu dilakukan secara bertahap, di mana Jakarta Timur menjadi yang pertama upgrade 3G ke 4G Telkomsel.

Terhitung sejak 6 Juli 2022, Telkomsel telah menonaktifkan 3G, yang artinya sekarang pelanggan tidak bisa mengakses jaringan seluler generasi ketiga itu lagi. Sebab, yang tersedia di Jakarta saat ini hanya jaringan 4G.

"Telkomsel kali ini mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas 4G merata di seluruh wilayah Jakarta," ujar General Manager Consumer Sales Region Central Jabodetabek Telkomsel, Anandoz Bangsawan, seperti keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (9/7/2022).

Di satu sisi, Telkomsel juga memberikan kemudahan kepada pelanggan yang ingin bermigrasi dari 3G ke 4G.

Cara Pindah Jaringan 3G ke 4G Telkomsel:

1. Ganti kartu SIM 3G ke 4G atau uSIM
2. Smartphone yang mendukung jaringan 4G
3. Namun apabila dua langkah di atas, pengguna merasa kesulitan, maka bisa menyambangi GraPARI terdekat. Syaratnya hanya membawa KTP dan prosesnya tanpa dipungut biaya alias gratis.

Anandoz mengungkapkan seluruh titik GraPARI terlihat ramai untuk menukarkan upgrade 3G ke 4G Telkomsel. Untuk mengatasi keramaian itu, Telkomsel memiliki MyGraPARI sebuah mesin pintar yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk mengubah SIM card jadi 4G dengan membawa KTP dan verifikasi sidik jari.

Adapun bila yang ingin menukar kartu 3G ke 4G Telkomsel dari jarak jauh alias online bisa menjadi pilihan, karena anak perusahaan Telkom ini telah menyediakan layanan tersebut.

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

Telkomsel juga menyediakan kemudahan bagi pelanggan yang ingin ganti kartu SIM 3G ke 4G Telkomsel secara online. Bagaimana caranya:
1. Lakukan pengecekan terlebih dahulu 4G di wilayah kalian yang bisa dilakukan lewat ponsel melalui *888*47#
2. Masuk ke situs https://my.telkomsel.com/sim-replacement
3. Kemudian masukkan nomor Telkomsel kalian
4. Setelah itu isi alamat email yang aktif
5. Nanti pihak Telkomsel akan meminta detikers untuk mengambil foto selfie
6. Selanjutnya ikuti langkah berikutnya sesuai arahan hingga proses selesai

Selain dua opsi di atas, pelanggan juga bisa upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui marketplace e-Commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, maupun JD.ID.

"Kami akan terus melakukan implementasi 4G yang lebih merata kedepannya. Dengan konektivitas digital yang lebih prima, kami harap hanya dari genggaman tangan.pelanggan dapat merasakan manfaat gaya hidup digital hanya dari genggaman tangan," tutup Anandoz.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT