XL Axiata Jamin Internet 4G di Jambi dan Sumut Anti Lemot

ADVERTISEMENT

XL Axiata Jamin Internet 4G di Jambi dan Sumut Anti Lemot

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 11 Jul 2022 17:45 WIB
Operator seluler XL Axiata
XL Axiata Jamin Internet 4G di Jambi dan Sumut Anti Lemot. Foto: XL Axiata
Jakarta -

Seiring dengan melonjaknya trafik penggunaan layanan data dan internet, operator seluler XL Axiata meningkatkan kualitas jaringan 4G di Provinsi Jambi dan Sumatera Utara (Sumut).

Khusus di Sumatara Utara, XL Axiata memperkuat jaringan di kawasan Danau Toba, guna mendukung penyelenggara event dunia Women 20 (W20) Summit yang akan digelar pada pertengahan bulan ini.

Dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah melakukan penambahan Base Transceiver Station (BTS) total sebanyak 63 BTS 4G di seluruh Jambi dan 30 BTS 4G di Danau Toba. Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, mengatakan dalam periode tersebut, trafik data di seluruh Provinsi Jambi meningkat hingga 36%, sedangkan di kawasan Danau Toba terus meningkat hingga 250%.

"XL Axiata untuk terus memperkuat kualitas jaringan baik dengan menambah kapasitas jaringan di area yang sudah ada, maupun dengan memperluas cakupan wilayah layanan ke area-area baru termasuk hingga ke pedesaan," ujar Desy dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (11/7/2022).

Desy menambahkan dalam meningkatkan kualitas jaringan data di Jambi dan kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, hingga saat ini XL Axiata terus menambah kapasitas BTS dan pembangunan BTS baru, memperluas fiberisasi, dan optimisasi jaringan.

Perluasan jaringan yang dilakukan di Jambi telah berhasil menyediakan layanan 4G hingga ke 1.068 desa dan 113 kecamatan, di semua kabupaten/kota. Di Provinsi Jambi ada sekitar 440 ribu pelanggan.

Sementara itu, di kawasan sekitar Danau Toba, XL Axiata telah menjangkau 489 desa dan 35 kecamatan, yang berada di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan Kabupaten Samosir.



Secara keseluruhan, saat ini jaringan XL Axiata tersebar di 34 provinsi. Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara.

Totalnya ada sebanyak lebih dari 133 ribu BTS, di antaranya 83 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113 ribu kilometer. Infrastruktur ini menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT