Interkoneksi Gratis Biznet Data Center ke Beberapa Internet Exchange

Interkoneksi Gratis Biznet Data Center ke Beberapa Internet Exchange

Nada Zeitalini - detikInet
Senin, 09 Mei 2022 14:37 WIB
Biznet
Foto: Biznet
Jakarta -

Di era digitalisasi ini, sistem dan layanan digital menjadi faktor meningkatkan kepercayaan bisnis masa kini. Menurut Federal Emergency Management Agency (FEMA), sebanyak 25% organisasi dan bisnis tidak mampu bertahan atau bankrupt setelah terjadinya bencana karena tidak memiliki skema pusat pemulihan bencana atau disaster recovery center (DRC).

DRC merupakan rancangan khusus untuk menempatkan sistem, aplikasi, dan data cadangan. Ini merupakan antisipasi jika terjadi gangguan besar atau bencana yang mempengaruhi satu atau lebih unit kerja di perusahaan, seperti lokasi pusat penyimpanan, pengolahan data, dan informasi. Selain penerapan skema DRC, fasilitas dan infrastruktur yang menunjang serta tersertifikasi global juga menjadi poin penting dalam memilih provider Data Center.

Salah satu provider Data Center tersertifikasi adalah Biznet Data Center di salah satu lokasinya yakni Biznet Technovillage yang telah mengantongi sertifikasi Tier-III by Facility dari Uptime Institute. Sertifikasi ini memastikan rancangan dan infrastruktur Data Center sesuai dengan standar global, seperti memiliki sumber dan cadangan daya listrik yang mampu memenuhi syarat serta memiliki area bangunan yang tidak rawan bencana.

BiznetFoto: Biznet

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberi kepercayaan kepada Biznet Data Center untuk meluncurkan simpul Indonesia Internet Exchange pertama berkapasitas 100 Gbps di luar Jakarta yang berlokasi di Biznet Technovillage Cimanggis pada 31 Maret 2022 lalu. Biznet Technovillage memiliki dua sumber listrik PLN dari dua daerah berbeda serta didukung dua tambahan sistem backup kelistrikan dari uninterruptible power supply (UPS) dan generator dengan desain 2N+N. Jika menggunakan Data Center ini pengguna dapat memilih layanan dari berbagai penyedia jaringan dan internet yang sudah tersedia untuk merancang sistem digital dan akses konektivitas yang terintegrasi pada Biznet Data Center.

Menariknya, dengan jaringan interkoneksi terlengkap Biznet Data Center mendukung pengguna layanannya terhubung gratis ke 6 Data Center di Indonesia. Data Center Biznet Technovillage berjarak 39 kilometer dari pusat Kota Jakarta dan berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut sehingga aman dari banjir. Biznet Technovillage juga sudah dilengkapi dengan arsitektur gedung yang tahan gempa hingga 8,5 SR dengan sistem keamanan 24 jam. Setiap rack server di Biznet Technovillage juga sudah menerapkan pendekatan Cold Aisle Containment (CAC) untuk memfokuskan pendinginan pada server guna menjaga ketahanan perangkat dengan pengaturan suhu yang paling optimal.

Biznet Data Center juga dilengkapi dengan high sensitivity smoke detector (HSSD), pendeteksi asap, fire extinguisher, serta gas Novec 1230 yang aman untuk server dan lingkungan sekitar saat menghirup gas. Sehingga saat terjadi korsleting listrik dan kebakaran semua sistem ini pun akan secara otomatis menyala. Dengan beragam fasilitas keamanan tersebut, Biznet Data Center pun telah memperoleh sertifikasi internasional, di antaranya standar keamanan PCI-DSS dan ISO 27001, standar kualitas pengendalian mutu ISO 9001, standar pengendalian lingkungan ISO 14001, serta keselamatan kerja ISO 45001.

Paket Biznet Data CenterFoto: Biznet

Untuk informasi lebih lanjut dan kunjungan, Anda bisa email ke sales@biznetdatacenter.com atau web biznetdatacenter.com. Selengkapnya cek di sini. Fasilitas dan layanan Biznet Data Center bisa Anda nikmati dengan harga Rp 6.999.000 per bulan. Adapun fasilitas yang didapatkan yaitu kapasitas Rack 42U, Cold Aisle Containment, koneksi langsung IX OpenIXP, IIX, dan BIX, kemudian fasilitas gratis Inter-DC link hingga 1 Gbps ke 6 Data Center di Indonesia.

(ads/ads)