Strategi Anyar Telkom Genjot Transformasi Digital Pelaku Usaha

Strategi Anyar Telkom Genjot Transformasi Digital Pelaku Usaha

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 24 Apr 2022 15:31 WIB
Kadin Tech Hub Telkom
Foto: Telkom
Jakarta -

Telkom bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengembangkan Kadin Tech Hub, sebuah platform mempermudah pelaku usaha dalam melakukan transformasi digital.

Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid mengungkapkan lalu lintas data mencapai 79,4 zettabytes per tahun, yang mana akan meningkatkan lebih banyak persoalan yang mesti dipecahkan.

"Koneksi digital yang lebih cepat, didukung teknologi 5G dan IoT, berpotensi meningkatkan PDB global sebesar USD 1,2 triliun menjadi USD 2 triliun pada 2030 mendatang. Potensi ini yang harus kita maksimalkan demi membawa kemaslahatan bagi negara, masyarakat, dan pelaku usaha," ujarnya.

Lebih lanjut, Fajrin menambahkan, di tahun yang sama, nilai pasar IoT akan mencapai USD 12,6 triliun. Angka ini, menurut Fajrin, memperlihatkan bukti peluang digitalisasi yang akan mendorong perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

Peluang tersebut yang dijemput dengan menghadirkan Kadin Tech Hub, sebagai penanda perlu adanya transformasi digital yang dilakukan secara kolaboratif oleh semua pihak.

Kadin Tech Hub merupakan wadah yang bertujuan menjadi platform yang menjembatani antara inovator, inventor yang memiliki kemampuan di bidang teknologi atau bidang lainnya dengan para pelaku bisnis yang memiliki permasalahan dalam dunia industri.

Peran Telkom dalam platform Kadin Tech Hub sebagai komitmen perusahaan plat merah ini untuk mendukung digitalisasi dan pembentukan kedaulatan digital Indonesia.

Disampaikan Fajrin, Telkom konsisten memperkuat jaringan backbone dan gateway international, mengembangkan ekosistem data center (NeuCentrIX) untuk mengakselerasi digitalisasi berbasis cloud, dan mengembangkan infrastruktur guna meningkatnya kualitas layanan telekomunikasi dan digital hingga ke pelosok.

"Kadin Tech Hub hadir untuk memudahkan pemilik masalah dan pemberi solusi untuk saling berdiskusi dan mendukung dalam sistem ekonomi kolaboratif," jelasnya.

Di Kadin Tech Hub tersedia sejumlah solusi yang telah tersedia, mulai dari MySooltan, Nodeflux, Indigo, dan BigBox.

Ke depannya, Kadin Tech Hub akan dipoles tidak hanya sebagai platform, namun juga membentuk sebuah ekosistem sehingga menguatkan peran Kadin untuk menghubungkan dan mengedukasi para innovator dan pebisnis di Indonesia.



Simak Video "Menkeu Sri Mulyani: Transformasi Digital Kunci Bagi Pelaku UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)