Anak Usaha Telkom & Telekom Malaysia Bhd MoU soal Bisnis Kabel Bawah Laut

Anak Usaha Telkom & Telekom Malaysia Bhd MoU soal Bisnis Kabel Bawah Laut

Ahlu zikri - detikInet
Kamis, 21 Apr 2022 21:03 WIB
Pemeliharaan Kabel Bawah Laut
Foto: Telkom
Jakarta -

Telin, yang merupakan anak usaha dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melakukan kolaborasi dengan perusahaan besar di malaysia TM Wholesale, business unit wholesale domestik dan internasional Telekom Malaysia Berhad (TM). Kolaborasi ini terkait bisnis sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba dan Executive Vice President TM Wholesale, Amar Huzaimi Md Deris di Hotel Grand Hyatt, Dubai.

Sebagai peluang bisnis ke depan terkait optimalisasi kapasitas infrastruktur yang dimiliki untuk tetap memberi solusi konektivitas yang dapat diandalkan, memiliki diversifikasi dan tanpa gangguan semakin memperkuat kemitraan hubungan Business to Business (B2B).

Chief Executive Officer, Budi Satria Dharma Purba menjelaskan Telin dan TM Wholesale memiliki tujuan yang sama, yaitu melayani pemangku kepentingan dengan keunggulan yang dimiliki.

"Kami sangat antusias dapat menjajaki peluang bisnis yang berkaitan dengan sistem komunikasi kabel laut untuk memenuhi permintaan internet cepat yang melonjak karena tren seperti pengaturan kerja yang fleksibel, video streaming, serta game. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan saling menguntungkan demi melayani kebutuhan para pemangku kepentingan," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Executive Vice President, TM Wholesale, Amar Huzaimi Md Deris menegaskan pihaknya berkomitmen untuk memberikan jangkauan yang lebih luas dan konektivitas yang tangguh kepada pelanggan.

"Kolaborasi ini memungkinkan kami memenuhi permintaan akan layanan bandwidth yang tinggi melalui penyediaan koneksi yang lebih beragam dan rute alternatif yang menghubungkan Malaysia ke seluruh dunia," ujarnya.

Selain itu, melalui kolaborasi ini, TM dan Telin akan menghasilkan inisiatif bisnis yang paling efektif dan efisien dalam melakukan investasi sistem komunikasi kabel laut di masa depan yang menguntungkan kedua belah pihak serta para pemangku kepentingan.

"Telin dan TM akan saling meningkatkan kapabilitas masing-masing demi menyediakan layanan yang terbaik dan pengalaman berkualitas tinggi untuk pelanggan," ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini Telin memiliki 22 sistem komunikasi kabel laut, dengan sistem kepemilikan konsorsium ataupun lease dengan panjang kabel 222.260 kilometer, dan TM memiliki 30 sistem komunikasi kabel laut, dengan sistem kepemilikan konsorsium ataupun lease dengan panjang kabel 320.000 kilometer. Terjalinnya kemitraan selama bertahun-tahun membuat Telin dan TM sangat antusias untuk bekerja sama dalam mendukung konektivitas, infrastruktur digital, dan solusi di kawasan ASEAN.

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, TelkomGroup akan terus mengembangkan beragam bisnis digitalnya, yang mencakup konektivitas, platform, dan layanan digital. Produk dan layanan Telkom Group hadir untuk memberikan berbagai kemudahan bagi seluruh segmen pelanggannya.

Telin menjalankan bisnis internasional milik Telkom yang memiliki jangkauan infrastruktur point of presence dan pengalaman yang luas. Telkom berharap kolaborasi ini saling mendukung kedua belah pihak dan memberikan keberlimpahan manfaat bagi para stakeholders.



Simak Video "Erick Thohir: Sekarang Telkom dan Telkomsel Tak Boleh Kanibal"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)