Sudah 95%, Selangkah Lagi XL Axiata Matikan Layanan 3G

Sudah 95%, Selangkah Lagi XL Axiata Matikan Layanan 3G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 30 Mar 2022 22:12 WIB
XL Axiata menghadirkan layanan reaktivasi atau mengaktifkan kembali nomor XL atau Axis yang sudah hangus.
Sudah 95%, Selangkah Lagi XL Axiata Matikan Layanan 3G. Foto: XL Axiata
Jakarta -

XL Axiata menyebutkan proses penghentian layanan 3G yang dilakukannya sudah mencapai lebih dari 95%. Artinya, selangkah lagi untuk mengucapkan selamat tinggal 3G.

Proses penghentian layanan 3G sudah dilakukan XL Axiata sejak jauh-jauh hari. Namun dalam waktu dekat ini merupakan target suntik mati sinyal 3G miliknya.

"Memasuki akhir Maret 2022 saat ini, penghentian layanan 3G oleh XL Axiata telah mencapai lebih dari 95%, dan diharapkan akan tuntas sepenuhnya pada awal April 2022 mendatang," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih kepada detikINET, Rabu (30/3/2022).

Disampaikan Ayu bahwa penghentian layanan 3G yang dilakukan XL Axiata ini telah mempertimbangkan kesiapan ekosistem yang ada, termasuk tingkat penggunaan layanan data.

"Dan, kesiapan gawai dari sisi pengguna, agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga dalam proses realokasi 3G ke 4G," ungkapnya.

Adapun peralihan layanan 3G ke 4G XL Axiata tersebut sejalan dengan arahan pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menjadikan 4G sebagai tulang punggung telekomunikasi Indonesia.

"(Dimatikan layanan 3G ini juga) sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas jaringan dan layanan 4G serta memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pelanggan dan masyarakat dalam menggunakan layanan data, maka XL Axiata juga telah melakukan penataan ulang teknologi yang digunakan (technology refarming) dari 3G ke 4G," tutur Ayu.

Selain XL Axiata, Telkomsel juga telah memastikan proses penghentian layanan 3G. Bekas frekuensi yang tadinya dipakai untuk jaringan seluler generasi ketiga itu akan dialihkan ke peningkatan kualitas layanan 4G. Telkomsel mulai upgrade layanan 3G ke 4G mulai akhir Maret ini ditargetkan rampung akhir tahun 2022.

Adapun Indosat Ooredoo Hutchison juga menyatakan akan mematikan layanan 3G. Hanya saja, operator seluler yang baru merger itu belum mengungkapkan rencana peralihan 3G ke 4G.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)