Strategi Telkom Agar Sekolah di Pelosok Bisa Akses Konten Pendidikan Digital

ADVERTISEMENT

Strategi Telkom Agar Sekolah di Pelosok Bisa Akses Konten Pendidikan Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 13 Mar 2022 17:15 WIB
Logo Telkom
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Telkom melalui Pijar Sekolah kembali mencari bibit unggul pelajar siswa di Indonesia. Bagaimana strategi Telkom dan apa peranannya dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia?

Pijar Sekolah merupakan bagian dari Pijar, yakni platform Indonesia belajar guna memberikan solusi di dunia pendidikan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Pijar Sekolah menyediakan ribuan konten digital mulai dari buku digital interaktif, video pembelajaran hingga laboratorium maya. Aplikasi ini sudah diimplementasikan di lebih dari 25 sekolah di Indonesia, termasuk di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dengan total ribuan siswa.

Layanan ini terdiri dari Pijar Sekolah dan Pijar Belajar untuk siswa dasar menengah, Pijar Kampus untuk perguruan tinggi, Pijar Mahir untuk usia pra kerja, dan Pijar Corpu untuk profesional. Sebagai informasi, Pijar Sekolah bagian dari Pijar dari Leap Telkom Digital, sebuah payung produk dan layanan digital Telkom dalam mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan Leap, diproyeksikan akan mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional atau sejalan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Djufri Adrian, Tribe Leader Education Divisi Digital Business & Technology Telkom Indonesia menjelaskan, Pijar Sekolah hadir guna memudahkan sekolah memonitor perkembangan akademik siswa melalui analytic system.

Baru-baru ini, sekitar 400 sekolah yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta bersaing di final Olimpiade Siswa Cerdas Pijar Sekolah. Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat ribuan peserta dari 400 sekolah mengikuti Olimpiade Siswa Cerdas (OSC) yang diselenggarakan Pijar Sekolah.

Olimpiade tingkat SMA/SMK/MA kelas X dan XI ini semarak diikuti sekalipun harus dilakukan daring melalui Zoom Meeting pada Jumat, 4 Maret 2022. Pembukaan babak Final Battle OSC tetap dihadiri antusias oleh guru dan kepala sekolah guna memberikan semangat bagi peserta.

OSC Pijar Sekolah telah dan akan hadir di daerah-daerah lainnya di Indonesia, dan Olimpiade tingkat nasional akan diadakan September 2022 mendatang. Adapun juara 1 berhak mendapatkan laptop dan uang tunai senilai Rp25 juta, juara 2 (tablet dan uang tunai Rp20 juta), dan juara 3 (smartphone dan uang tunai Rp15 juta).

"Olimpiade Siswa Cerdas ini akan kami lakukan secara nasional di setiap provinsi agar acara seperti ini bisa menambah spirit dan pengetahuan bagi para peserta," tutup Adrian Sani, GM LBS Telkom Indonesia.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT