XL Matikan Layanan RBT 1 Maret 2022, Telkomsel dan Indosat Kapan?

ADVERTISEMENT

XL Matikan Layanan RBT 1 Maret 2022, Telkomsel dan Indosat Kapan?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 25 Feb 2022 16:12 WIB
Ilustrasi Palapa Ring
XL Matikan Layanan RBT 1 Maret 2022, Kalau Telkomsel dan Indosat?. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

XL Axiata akan mematikan layanan Ring Back Tone (RBT) pada 1 Maret 2022. Bagaimana dengan Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison?

Seiring perkembangan layanan digital, XL Axiata mengungkapkan RBT sudah relatif kecil terhadap total pendapatan perusahaan. Hal ini yang memantapkan XL Axiata untuk mematikan layanan RBT.

"Kita menghentikan layanan RBT karena saat ini penggunaan layanan RBT sudah semakin banyak berkurang, karena semakin banyak pelanggan yang beralih ke layanan-layanan digital lainnya," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih.

Sementara itu Telkomsel masih mempertahankan layanan RBT. Menurut anak perusahaan Telkom ini, RBT atau Nada Sambung Pribadi (NSP) tersebut.

VP Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana mengatakan, layanan RBT menjadi salah satu mata rantai dalam transformasi layanan musik, pada khususnya, dan layanan gaya hidup digital, pada umumnya, menuju fase selanjutnya.

"Telkomsel berusaha terus memberikan experience terbaik untuk layanan NSP ini dan menawarkan layanan terkait musik digital lainnya untuk memberikan nilai tambah secara maksimal bagi penikmat musik, serta mendukung musisi Tanah Air," ungkapnya kepada detikINET.

Begitu juga dengan Indosat Ooredoo Hutchison masih menyediakan layanan RBT kepada pelanggan yang mereka beri nama iRing tersebut. Ini semata untuk melengkapi gaya hidup digital pelanggan.

"Tren layanan telpon yang saat ini banyak melalui aplikasi membuat penggunaan iRing relatif stagnan, namun tetap ada kebutuhan untuk itu. Selain itu, kami juga memiliki layanan digital lain untuk musik, games, video, dan lainnya yang informasi detailnya dapat dilihat di website resmi kami," pungkas SVP-Head of Corprote Communications Steve Saerang.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.


Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT