XL Axiata Matikan Layanan Ring Back Tone Mulai 1 Maret 2022

ADVERTISEMENT

XL Axiata Matikan Layanan Ring Back Tone Mulai 1 Maret 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 19:50 WIB
Ilustrasi Smartphone
XL Axiata Matikan Layanan Ring Back Tone (RBT) Mulai 1 Maret 2022 (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Layanan Ring Back Tone (RBT) atau Nada Sambung Pribadi (NSP) yang sangat populer di era telepon, kini memasuki akhir masa jayanya.

XL Axiata menjadi salah satu operator seluler yang akan mengakhiri layanan RBT tersebut. Dengan demikian, suara musik, rekaman, atau nada lainnya tidak akan terdengar ketika kalian menelpon ke nomor XL Axiata.

"XL Axiata secara resmi menghentikan layanan Ring Back Tone (RBT) secara bertahap efektif mulai tanggal 1 Maret 2022 dan layanan akan berhenti sepenuhnya pada tanggal 31 Maret 2022," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih kepada detikINET, Selasa (22/2/2022).

Lebih lanjut, Ayu menjelaskan bahwa keputusan operator seluler yang identik warna biru ini menghentikan layanan RBT melalui proses yang cukup panjang.

"Dengan didasari atas berbagai pertimbangan, salah satunya menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang semakin beralih ke layanan digital," ucapnya.

Adapun, disampaikan Ayu, kontribusi pendapatan RBT selama ini relatif sangat kecil terhadap total pendapatan perusahaan.

"Kita menghentikan layanan RBT karena saat ini penggunaan layanan RBT sudah semakin banyak berkurang, karena semakin banyak pelanggan yang beralih ke layanan-layanan digital lainnya," pungkasnya.

Ring Back Tone yang sering terdengar sebagai nada tunggu panggilan telepon ini mencapai masa jayanya saat era layanan suara alias telepon.

Di Indonesia sendiri, RBT pertama kali diperkenalkan pada 2005 silam. Sejak saat itu peminat pengguna seluler memakai RBT ini meningkat hingga menjadi salah satu ladang cuan bagi operator seluler, salah satunya di layanan value added services (VAS).



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT