Ini Dia Operator Seluler Terbaik Indonesia Menurut OpenSignal

ADVERTISEMENT

Ini Dia Operator Seluler Terbaik Indonesia Menurut OpenSignal

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 13:21 WIB
elegant attractive female muslim using mobile smartphone searching online information when she sitting on sofa couch relaxing.
Foto: Getty Images/iStockphoto/PRImageFactory
Jakarta -

OpenSignal, sebuah perusahaan yang menganalisis layanan seluler mobile global, baru saja merilis laporan terbaru terkait operator seluler terbaik, termasuk di Indonesia.

Dalam Global Mobile Network Awards 2022, secara langsung membandingkan kualitas pengalaman jaringan seluler operator yang ada dari seluruh dunia.

Laporan tersebut berdasarkan pengukuran di enam kategori, pengalaman video, pengalaman game, pengalaman aplikasi suara, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman kecepatan unggah, dan pengalaman ketersediaan 4G.

OpenSignal mengatakan bahwa Smartfren terpilih sebagai Global Rising Star, yaitu salah satu dari 30 operator telekomunikasi teratas di dunia dengan peningkatan yang pesat pada kualitas pengalaman jaringan seluler untuk lima kategori.

Kategori yang dimaksud, mulai dari pengalaman video, pengalaman game, pengalaman aplikasi suara, pengalaman kecepatan unduh, dan pengalaman kecepatan unggah.

Menurut OpenSignal, Smartfren dinilai sebagai peringkat ke-2 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan kualitas video (18%) dan Pengalaman Game (26.9%).

Smartfen juga dinilai sebagai operator peringkat ke-3 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi Suara (5.3%) dan peringkat ke-5 untuk Pengalaman Kecepatan Unggah (45.9%).

Selain itu, Telkomsel mewakili Indonesia untuk Global Rising Star kategori Pengalaman Kecepatan Unggah. Kualitas unggah Telkomsel meningkat 35%.

Adapun, Indosat Ooredoo Hutchison mewakili Indonesia untuk Global Rising Star untuk kategori pengalaman video, di mana kualitas streaming video meningkatn 8,7%.

Bila secara global, pengalaman video terbaik di dunia datang dari berbagai operator seluler di berbagai macam negara. Berikut daftarnya:

  • Pengalaman Video: T-Mobile Netherlands dan KPN
  • Pengalaman Game: LG U+ dan SK Korea Selatan
  • Pengalaman Aplikasi Suara: LG U+, SK Telecom, dan Vodafone Republik Ceko
  • Pengalaman Kecepatan Unduh: SK Telecom
  • Pengalaman kecepatan Unggah: 3 Denmark
  • Pengalaman Ketersediaan 4G: LG U+ Korea Selatan


Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT