XL Axiata Pakai Senjata Rahasia Agar Internet Lancar Jaya

XL Axiata Pakai Senjata Rahasia Agar Internet Lancar Jaya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 17 Jan 2022 21:42 WIB
Operator seluler XL Axiata
Foto: XL Axiata
Jakarta -

XL Axiata meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan dengan memanfaatkan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization (CUTO). Cara ini dilakukan agar layanan internet XL Axiata lebih lancar lagi dari sebelumnya.

Bekerjasama dengan Cisco, XL Axiata menerapkan teknologi tersebut pada jaringan 4G LTE di sejumlah area dengan tingkat kepadatan trafik data yang tinggi. Di 2022, operator seluler ini akan memperluas adopsi teknologi CUTO.

Teknologi CUTO adalah fitur optimasi yang dihadirkan Cisco untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan XL Axiata dengan mengandalkan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

Dengan algoritma AI dan ML ini, CUTO mampu mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan dapat lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan XL Axiata.

"CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan sehingga infrastruktur jaringan seluler kami menjadi semakin lebih baik. Dengan CUTO, XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan, di mana pun mereka berada," ujar Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya, Senin (17/1/2022).

Gede menjelaskan teknologi besutan Cisco itu diharapkan jadi solusi terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband yang lebih baik kepada pelanggannya.

Disampaikannya, adopsi CUTO diklaim throughput pengguna XL Axiata telah mengalami peningkatan hingga sekitar 17%.

Melalui sejumlah fitur yang dimiliki CUTO, kapasitas jaringan dapat diperbesar tanpa harus melakukan upgrade jaringan sebagaimana halnya solusi konvensional.

Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata mencapai hampir 58 juta di Indonesia yang jangkauan jaringan hampir 460 kota yang ditopang oleh 69 ribu BTS 4G. Total BTS (2G/3G/4G) yang dimiliki XL Axiata saat sebanyak 153 ribu.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)