Dorong Ekonomi Digital, XL Axiata Bikin Desa Digital Nusantara

Dorong Ekonomi Digital, XL Axiata Bikin Desa Digital Nusantara

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 17 Des 2021 12:04 WIB
Guna mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital, XL Axiata mencetak Desa Digital Nusantara.
Foto: XL Axiata
Karawang -

Guna mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital, XL Axiata mencetak Desa Digital Nusantara. Apa itu?

Desa Digital Nusantara adalah sebuah program XL Axiata agar masyarakat di desa dapat memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari. Harapannya, dengan pemanfaatan teknologi tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menjadi contoh lahirnya Desa Digital Nusantara yang dilakukan XL Axiata berkerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Pemerintah Kabupaten Karawang.

"Melalui program ini, kami berniat untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital," ujar Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir.

Adapun pemilihan Desa Tanjung Pakis karena pertimbangan punya potensi maju di era digital, tetapi belum dimanfaatkan secara optimal.

"Di sini ada potensi mulai perikanan, tambak, wisata, hingga UMKM. Komunitas penggerak ekonominya beragam dan aktif. Produk yang mereka hasilkan juga punya nilai jual tinggi," imbuh Marwan.

Guna mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital, XL Axiata mencetak Desa Digital Nusantara.Guna mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital, XL Axiata mencetak Desa Digital Nusantara. Foto: XL Axiata

Pada tahap awal ini, Program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi.

Dari sisi akses internet, XL Axiata akan memasang WiFi di titik strategis di seputar desa. Kualitas jaringan data dan internet XL Axiata di desa ini sangat baik yang didukung oleh BTS 4G di sekitar desa. Sinyal 4G XL Axiata juga menjangkau area di sepanjang pantai Tanjung Pakis yang menjadi salah satu destinasi wisata warga Karawang.

Program Desa Digital Nusantara merupakan bagian dari program keberlanjutan XL Axiata dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih digital. Program ini didesain untuk dapat direplikasi ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Marwan memastikan Program DDN ini akan menjadi program yang berkelanjutan. Menurutnya, XL Axiata berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di tingkat pedesaan seiring dengan pembangunan jaringan internet cepat 4G yang semakin luas.

"Jadi, program ini juga mencakup penguatan ekosistem digital hingga di pedesaan," ucapnya.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)