Perjalanan 3G di Indonesia Menuju Masa Pensiunnya

Perjalanan 3G di Indonesia Menuju Masa Pensiunnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 12 Jan 2022 06:15 WIB
Airport Terminal
Perjalanan 3G di Indonesia Menuju Masa Pensiunnya. Foto: Getty Images/Jackal Pan
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengkaji untuk mematikan layanan 3G. Bagaimana perjalanan 3G di Indonesia sampai saat ini yang akan memasuki masa pensiunnya?

Dalam teknologi seluler, saat ini sudah mencapai level lima alias 5G yang telah dikomersialisasikan kepada masyarakat dunia. Dari kelahiran 1G hingga 3G, rentang waktu kehadirannya sangat jauh.

1G pertama kali diluncurkan pada 1979 silam secara global, masuk ke Indonesia yang dibawa Telkom pada tahun 1984. Lalu, 2G datang di tanah air sembilan tahun kemudian.

Dari 2G sampai lahirnya 3G di Indonesia pun jauh jaraknya. Layanan 3G ada pertama kali pada tahun 2005.

Secara teknologi, 3G membawa angin segar dan lebih canggih dari 2G. Sebab, di era ini, era ponsel pintar alias smartphone mulai silih berdatangan, seperti BlackBerry hingga HP yang sepenuhnya menggunakan layar sentuh, iPhone sampai perangkat berbasis Android.

Dengan 3G, pengguna dapat menikmati berbagai macam layanan internet, mulai dari browsing, email, streaming video, dan musik. Di sisi bersamaan, masa SMS sedikit demi sedikit mulai teralihkan dengan ditandai aplikasi pesan instan.

Sebagaimana dikutip dari situs Telkomsel, di Indonesia, 3G disediakan oleh Telkomsel yang berhasil melakukan uji coba 3G berbasis teknologi Wideband-Code Division Multiple Access (W-CDMA) di Jakarta lalu dilanjutkan ke Surabaya dan Batam.

Setelah uji coba sukses dilakukan, akhirnya di 2006 Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar jaringan 3G secara komersial di Indonesia. Era internet pun makin mudah diakses masyarakat, karena bisa dilakukan lewat genggaman, tidak lagi perangkat komputer.

Tidak lama masa 3G, 4G lalu datang. Teknologi 4G LTE diuji coba di Indonesia pada 2013 dan dikomersialisasikan akhir 2014. Seperti sebelumnya, Telkomsel jadi operator seluler pelopor membawa teknologi seluler paling anyar ke masyarakat.

Hingga kini, penggelaran 4G terus dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo dan operator seluler. Sebab, masih banyak daerah yang belum teraliri sinyal internet 4G tersebut yang kini masih pekerjaan rumah.

Halaman berikutnya Kominfo kaji dan ungkap syarat layanan 3G dimatikan