Sudah Ketinggalan Zaman, AS-Inggris Mulai Bertahap Matikan Layanan 3G

ADVERTISEMENT

Sudah Ketinggalan Zaman, AS-Inggris Mulai Bertahap Matikan Layanan 3G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 04 Jan 2022 09:40 WIB
Airport Terminal
Sudah Ketinggalan Zaman, AS-Inggris Mulai Bertahap Matikan Layanan 3G. Foto: Getty Images/Jackal Pan
Jakarta -

Jaringan 3G sedang menuju akhir hayat di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan koneksi internet yang lebih cepat membuat 3G kian terpinggirkan.

Operator seluler yang beroperasi di Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan jadwal layanan 3G dimatikan pada tahun 2022.

Sebagaimana dikutip dari al.com, Selasa (4/1/2022) operator A&T akan mematikan 3G pada Februari 2022, Verizon menghapus 3G di layanannya di akhir tahun, tepatnya 31 Desember 2022. Sementara itu, T-Mobile mematikan jaringan 3G pada 30 Juni 2022.

Regulator AS yang menangani telekomunikasi, Federal Communications Commission (FCC) dengan ditutupnya jaringan 3G akan membuat penggelaran layanan yang lebih baru, seperti 5G.

Namun di sisi lain, ketiadaan 3G membuat ponsel jadul tidak mampu menjalankan fungsinya lagi, seperti menerima panggilan, SMS, maupun akses internet.

Begitu juga yang terjadi di Inggris, jaringan 3G sedang dihadapi akhir perjalanannya. Namun di negeri ini, tidak hanya 3G, jaringan 2G juga akan turut serta dimatikan.

Jaringan 2G dan 3G di Inggris direncanakan akan dimatikan pada tahun 2033 sebagai bagian dari pengembangan dan peluncuran layanan 5G dan untuk mendeversifikasi rantai pasokan telekomunikasi.

Pemerintah Ingggris mengatakan penghentian pengoperasian layanan 3G yang lebih tua akan mempercepat penggelaran 5G, bahkan 6G di masa depan. Mengingat keterbatasan frekuensi pada layanan telekomunikasi.

Kendati begitu, layanan 3G dimatikan di Inggris bisa lebih cepat dengan ketersediaan jaringan 4G yang lebih luas di daerah pedesaan, sehingga mengurangi beban operator dalam memelihara infrastruktur.

Indonesia sendiri juga sedang berupaya mematikan jaringan 3G. Wacana ini kembali naik ke permukaan, setelah Menkominfo Johnny G. Plate meminta operator seluler mematikan sinyal 3G secara bertahap.

"Sinyal 4G ini jadi tulang punggung komunikasi nasional kita. Saya juga sudah minta kepada operator seluler untuk fade out 3G. Kenapa 3G yang di-fade out, bukan 2G? Karena memang beda penggunanya. Kalau 2G itu komunikasi suara, sedangkan 3G itu komunikasi data," jelasnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini tengah melakukan kajian yang mendalam penghapusan layanan 3G di Indonesia. Ada dua hal pertimbangan Kominfo untuk mematikan 3G di suatu wilayah.

"Menjadi pertimbangan kita setidaknya ada dua hal. Pertama, adalah kita memastikan wilayah-wilayah layanan telekomunikasi itu sudah teraliri akses internet 4G, baru kita kemudian melakukan penghapusan 3G," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi.

"Kedua, pertimbangan berikut yaitu kepentingan masyarakat umum, jangan sampai dirugikan. Kita harus menetapkan mekanisme yang tidak merugikan pengguna layanan seluler," pungkasnya.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT