Layanan 3G Dimatikan, Akademisi: Memang Sudah Seharusnya

ADVERTISEMENT

Layanan 3G Dimatikan, Akademisi: Memang Sudah Seharusnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 02 Jan 2022 12:09 WIB
Airport Terminal
Layanan 3G Dimatikan, Akademisi: Memang Sudah Seharusnya. Foto: Getty Images/Jackal Pan
Jakarta -

Akademisi menilai rencana penghapusan layanan 3G di Indonesia memang sudah seharusnya dilakukan saat ini, di mana sekarang pengembangan 4G tengah gencar-gencarnya.

Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro ITB, Ian Josef Matheus Edward mengatakan bahwa dari sisi teknologi, 3G sudah dinilai mahal bagi operator dan masyarakat.

"Memang sudah seharusnya dilakukan, karena secara teknologi menjadi mahal bagi operator dan masyarakat," ujar Ian kepada detikINET.

"Untuk masyarakat 4G yang memiliki teknologi MIMO dan OFDMA akan membuat kualitas layanan bit rate yang lebih baik dan biaya bandwidth frekuensi yang lebih murah. Return of Investment-nya juga seharusnya sudah tercapai untuk yang 3G bagi operator (teknologi CDMA)," tutur Ian.

Apalagi berbicara kecepatan internet 3G ini lebih lambat dari 4G. Di sisi lain, Indonesia juga sudah melakukan penggelaran 5G yang dilakukan Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Kenapa 3G yang Dihapus, Bukan 2G?

Secara harfiah, 2G merupakan teknologi jaringan seluler untuk komunikasi suara. Sedangkan 3G adalah komunikasi data dan suara.

"Untuk layanan data menggunakan 3G dan 4G. 2G tetap lebih baik untuk layanan voice. 5G akan menggantikan 4G, 4G akan menggantikan 3G yang basisnya Wideband CDMA paket switch. Berbeda dengan 2G yang circuit switch didesain untuk voice," jelasnya.

Wacana penghapusan layanan 3G di Indonesia kembali ke permukaan, usai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate meminta operator seluler untuk menghapus 3G secara bertahap.

"Sinyal 4G ini jadi tulang punggung komunikasi nasional kita. Saya juga sudah minta kepada operator seluler untuk fade out 3G. Kenapa 3G yang di-fade out, bukan 2G? Karena memang beda penggunanya. Kalau 2G itu komunikasi suara, sedangkan 3G itu komunikasi data," jelasnya.

Johnny mengatakan bahwa 3G menawarkan layanan internet, tetapi koneksinya lebih lambat dibandingkan dengan 4G. Fakta ini yang menjadi alasan agar operator seluler menghapus layanan 3G secara bertahap.

"3G ini komunikasi data yang lambat, pesaingnya itu 4G yang lebih cepat. Saya sudah minta (ke operator seluler) agar secara bertahap fade out 3G dan digantikan dengan 4G," pungkas Menkominfo.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT