Ini Dia Operator Telekomunikasi Digital Terdepan di Indonesia

ADVERTISEMENT

Year in Review 2021

Ini Dia Operator Telekomunikasi Digital Terdepan di Indonesia

Angga Laraspati - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 17:31 WIB
Ilustrasi Main HP
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Riset OpenSignal dan SpeedTest mengungkap operator terdepan dalam hal telekomunikasi digital di Indonesia. Kira-kira siapa ya operator telekomunikasi digital yang mampu menjadi penyedia layanan terdepan di Tanah Air?

Dalam sebuah riset yang dilakukan OpenSignal, Telkomsel sukses meraih penghargaan terbaik di empat kategori. Perusahaan plat merah tersebut meraih pengalaman kecepatan pengunduhan, pengalaman kecepatan pengunggahan, pengalaman video, dan pengalaman cakupan 4G.

Dari pengalaman video, Telkomsel meraih kemenangan mutlak untuk keenam kalinya berturut-turut. Kali ini, perusahaan seluler yang identik dengan warna merah tersebut meraih 62,4 poin pada skala 100 poin. Telkomsel sukses unggul 3,4 poin dari Indosat yang berada di posisi kedua dengan nilai 58,9 poin.

Soal kecepatan download, Telkomsel juga sukses memenangkan penghargaan Download Speed Experience OpenSignal dengan di kecepatan 16,3 Mbps. Rival terdekatnya pun yaitu XL memepet dengan selisih hanya 0,8 Mbps.

Dari sisi upload, perusahaan telekomunikasi milik negara ini juga mampu mempertahankan penghargaannya dengan kecepatan di angka 8,1 Mbps. Pesaing terdekatnya Indosat dan XL berada di belakangnya dengan kecepatan 7,2 Mbps dan 6,7 Mbps.

Namun, pesaing-pesaing terdekatnya juga sudah mulai menunjukkan tajinya dengan meraih beberapa benchmark mulai dari ketersediaan 4G yang sukses diraih Smartfren. Pengalaman game yang diraih oleh 3, walau pada benchmark ini Telkomsel sukses berada di posisi kedua. Perusahaan ini juga masih kalah dalam hal pengalaman aplikasi suara.

Laporan lainnya, dirilis oleh Speedtest pada Oktober 2021. Hasilnya menempatkan Telkomsel dan juga Biznet sebagai sebagai provider internet tercepat di Indonesia. Keduanya unggul di masing-masing layanan.

Khusus untuk Telkomsel, provider ini sukses merajai segmen mobile broadband dan mengungguli para pesaingnya. Berdasarkan Speedtest Intelligence mengungkapkan Telkomsel mengungguli operator seluler lainnya dengan skor speednya mencapai 30,49.

Soal latensi, Telkomsel juga masih unggul dengan skor 30 ms. Berbicara Consistency Score, Speedtest telah mengukur masing-masing operator dan menempatkan provider ini di posisi paling atas dengan skor konsistensi 85,7%

Tentunya raihan ini mampu didapatkan dari beberapa peningkatan yang dilakukan. Salah satunya yaitu refarming 3G di pita frekuensi 2.100 MHz. Telkomsel juga meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 4G yang membuat internetnya makin melesat.

Menurut OpenSignal, dulu Telkomsel mengandalkan tiga downlink frekuensi 5 MHz pada Band 1 (2.100 MHz) untuk menyediakan layanan 4G di 40 kota besar di Indonesia. Meski begitu, pada akhirnya Telkomsel memanfaatkan 1 band untuk meningkatkan kapasitas 4G.

Di sisi lain, selama tiga bulan pertama di tahun 2021, Telkomsel terus membangun Base Transceiver Station (BTS) yang seluruhnya berbasis 4G.

Hingga September 2021, Telkomsel telah memiliki total BTS lebih dari 245 ribu unit yang meningkat 7,6% dari periode yang sama tahun lalu, dengan BTS 3G dan 4G/LTE sekitar 195 ribu unit atau 80% dari total keseluruhan BTS Telkomsel.



Simak Video "10 Negara dengan Kecepatan Internet Tertinggi di Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT