2 Aplikasi Besutan Telkomsel Raih Google Play Awards 2021

2 Aplikasi Besutan Telkomsel Raih Google Play Awards 2021

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Kamis, 30 Des 2021 18:12 WIB
Top! 2 Aplikasi Besutan Telkomsel Raih Google Play Awards 2021
Foto: Dok. Telkomsel
Jakarta -

Dua aplikasi besutan Telkomsel yakni Kuncie dan Fita, meraih penghargaan dalam ajang Google Play Awards 2021. Aplikasi Kuncie dinobatkan sebagai Best for Personal Growth karena dinilai berhasil dalam mendorong pengembangan potensi talenta di Indonesia. Sementara aplikasi Fita menjadi Best Hidden Gems karena dinilai membantu masyarakat dalam membangun kebiasaan baik dan menerapkan pola hidup sehat.

"Kami sangat mengapresiasi atas pencapaian Kuncie dan Fita dalam ajang Google Play Awards 2021 ini. Walau belum genap setahun kedua aplikasi tersebut dihadirkan, namun sambutan khususnya dari pengguna OS Android sudah semakin meningkat. Hal ini akan menjadi salah satu pendorong bagi kami sebagai digital ecosystem enabler membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi masyarakat, melalui pemanfaatan solusi berbasis teknologi digital," ujar Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam dalam keterangan tertulis, Kamis (30/12/2021).

Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil upaya Telkomsel dalam mengembangkan serta memperluas portfolio di bisnis digital, sejalan dengan dengan peta jalan transformasi perusahaan sebagai leading digital telecommunications company.

"Kehadiran Kuncie dan Fita merupakan beberapa wujud nyata keseriusan Telkomsel untuk mengembangkan digital trifecta perusahaan yang berfokus pada customer-centricity. Dengan kekuatan digital connectivity yang dimiliki saat ini, kami juga akan terus mengembangkan beragam platform dan layanan digital, yang semakin memperkuat ekosistem digital di Indonesia, terutama melalui pemanfaatan solusi layanan digital berbasis edu-tech, health-tech, dan financial-tech," kata Hendri.

Sementara itu, Head of Operations Kuncie Hendra Saputra mengatakan penghargaan Google Play Awards menjadi pemicu untuk terus berinovasi dalam membuka lebih banyak pintu peluang bagi masyarakat Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kemampuan diri sesuai minat mereka.

"Bagi kami, salah satu bukti keberhasilan yang nyata adalah dampak langsung yang dirasakan oleh para pembelajar yang sudah dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan. Di Kuncie, kami bersama kurang lebih 100 mentor pilihan yang terdedikasi mencoba menghadirkan lebih dari 1000 pembelajaran dalam format yang mudah dan praktis untuk diikuti, agar dapat diimplementasikan secara nyata oleh para pengguna Kuncie," terangnya.

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan platform Kuncie dirilis oleh Telkomsel pada Juli 2021. Tujuannya untuk memberikan kesempatan pada talenta-talenta di Indonesia untuk belajar langsung dari para praktisi dan ahli di bidangnya, sehingga meningkatkan keterampilan mereka. Dikatakannya saat ini aplikasi Kuncie telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store, dengan pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45.5% sejak pertama kali diluncurkan. Bahkan, menduduki Top-3 aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

Di sisi lain, Chief Executive Officer Fita Reynazran Royono mengatakan aplikasi Fita pertama kali diperkenalkan Telkomsel pada November 2021. Awalnya, aplikasi tersebut diluncurkan untuk membantu masyarakat dalam membangun kebiasaan baik , agar tercipta hidup lebih sehat.

Adapun keunggulannya, aplikasi Fita memiliki localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh certified coach. Saat ini, lanjut dia, Fita sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali, dengan pertumbuhan pengguna aktif hingga 10 kali lipat dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

Menurutnya, aplikasi ini telah mengalami pertumbuhan pesat hingga berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori Health & Fitness, menandai satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness di Google Play Store.

"Tingginya antusiasme terhadap Fita, menandakan bahwa kepedulian masyarakat akan hidup sehat terus semakin meningkat. Kami pun menyadari, perjalanan membangun ekosistem kesehatan lengkap dalam sebuah aplikasi masih panjang. Untuk itu, pengembangan produk yang mengedepankan teknologi akan menjadi fokus utama kami di awal 2022 nanti. Kami berharap seluruh fitur yang kami sajikan bisa memberi dampak yang bermanfaat, dan Fita menjadi the go-to-app sekaligus partner masyarakat dalam mencapai tujuan kesehatannya," tandasnya.

Sebagai informasi, Google Play Awards merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan Google Play sebagai bentuk appresiasi atas kontribusi positif seluruh platform aplikasi dan games yang berada dalam ekosistem platform Google Play.

Tahun ini, Google Play Awards memperluas penghargaan untuk aplikasi dan game di tablet, ditambah aplikasi di Wear OS dan Google TV.

(akd/fay)